Sabtu, September 21


Jakarta

Harga jual kembali masih menjadi salah satu pertimbangan penting orang Indonesia sebelum membeli mobil. Makanya banyak yang sudah tanya harga jual padahal belum membeli mobilnya.

Setiap orang memiliki preferensi tersendiri dalam memilih mobil. Ada yang menyukai model, fiturnya yang lengkap, harganya ramah di kantong, perawatan yang mudah, hingga harga jual kembalinya.


Menariknya, dari sekian banyak faktor itu, harga jual kembali rupanya masih jadi satu pertimbangan utama sebelum orang Indonesia membeli mobil. Bahkan hingga saat ini, pertanyaan itu kerap didapati dealer dari calon konsumennya.

“Indonesia itu kalau beli mobil yang ditanya, kalau beli mobil ini harga jual kembalinya bagus nggak, (pertanyaan itu) masih banyak, kalau nggak yang nanya begini itu biasanya mobil eksotik. Kelasnya alphard aja ada nanya gitu, warna apa ya,” ungkap Chief Marketing Auto2000 Yagimin saat ditemui di FX Sudirman, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Mobil memang bukan barang murah. Beberapa justru menjadikannya investasi. Hal itulah kata Yagimin yang membuat orang Indonesia berpikir dua kali soal harga jual kembali mobil.

“Karena karakter orang Indonesia itu kan mobil aset plus investasi, diharapkan saat dijual lagi membeli harganya tidak terdepresiasi. Zaman dulu beli kayak beli Avanza bisa dapat duit ya,” lanjut Yagimin.

Sebelumnya Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy pernah mengungkap hal serupa. Harga jual kembali menjadi pertimbangan selain produk dan juga layanan purna jual suatu model mobil. Bukan tanpa alasan, biasanya mobil dibeli dengan jeri payah seseorang. Ada yang sebagian penghasilannya dikeluarkan untuk membeli mobil. Tidak sedikit juga yang menabung bertahun-tahun agar bisa memiliki mobil impian. Tak heran kalau banyak yang memikirkan harga jual kembali sebelum mobilnya dibeli.

“Bahkan bagi orang yang beli mobil pertama itu bisa jadi consideration yang pertama karena apa bagi dia itu kan tabungan yang sudah sekian lama, cicilan yang udah sekian lama, setelah dia lunas nih harga mobilnya ternyata turun, kan dia merasa rugi, jadi kerja keras dia, valuenya turun,” urai Anton pada November 2023.

Di Indonesia ada beberapa model mobil yang memiliki harga jual kembali masih bagus. Untuk merek Toyota misalnya ada Avanza dan juga Innova. Menurut Anton kualitas dan ketahanan Avanza maupun Innova tak perlu diragukan lagi. Buktinya kata Anton ada Avanza yang usianya sudah belasan tahun namun masih eksis wara-wiri di jalan.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version