Minggu, Oktober 13


Jakarta

Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (BEM PTNU) se-Nusantara menggelar konsolidasi nasional di Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen, Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini, Ketua BEM PTNU Achmad Baha’ur Rifqi menyerukan ajakan memperkuat solidaritas dan kerja sama kader antarwilayah.

“Kita perlu memperkuat solidaritas dan kerja sama antarwilayah agar dapat menghadapi tantangan yang ada dengan lebih baik,” kata Baha’ur Rifqi, dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2024).

Acara konsolidasi ini berlangsung tiga hari dengan dihadiri oleh seluruh koordinator wilayah BEM PTNU dari berbagai daerah di Indonesia. Baha’ur Rifqi juga menekankan pentingnya pemahaman mahasiswa terhadap Tridharma Perguruan Tinggi.


“Saat ini, banyak mahasiswa yang tidak memahami arti Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga gerakan-gerakan mahasiswa tidak berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Baha’ur Rifqi menekankan Tridharma Perguruan Tinggi harus menjadi landasan setiap aktivitas mahasiswa. Tridharma Perguruan Tinggi, terang dia, mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Masih berdasarkan keterangan tertulis BEM PTNU, para peserta membahas berbagai isu penting, termasuk perkembangan isu maupun organisasi di setiap wilayah, selama acara berlangsung. Diskusi itu, sebut dia, berlangsung intensif dan konstruktif.

Baha’ur Rifqi optimistis diskusi tersebut menghasilkan berbagai rekomendasi strategis untuk meningkatkan efektivitas dan dampak gerakan mahasiswa. Dengan berakhirnya acara silaturahmi dan konsolidasi nasional ini, diharapkan seluruh rekomendasi dan hasil diskusi dapat diimplementasikan dengan baik di masing-masing wilayah.

“Kami berharap hasil dari konsolidasi ini dapat membawa perubahan positif dan memajukan gerakan mahasiswa di seluruh Indonesia,” tutur Baha’ur Rifqi.

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti diskusi panel, workshop, dan sesi tanya jawab yang melibatkan pembicara dari kalangan akademisi dan praktisi. Acara dimulai pada Minggu, 9 Juni 2024.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita sebagai mahasiswa yang berperan aktif dalam pembangunan bangsa,” ujar seorang peserta dari BEM PTNU Sulawesi Selatan.

(aud/fjp)

Membagikan
Exit mobile version