Senin, September 30

Jakarta

Australia tengah disoroti berkat perkembangan kopinya yang cepat. Bahkan banyak tren kopi terbaru yang merujuk pada tren kopi di Australia.

Dalam suatu tren biasanya ada daerah atau negara yang menjadi rujukan dari tren tersebut. Misalnya konsumsi makanan pedas dengan chilli oil yang merujuk pada budaya kuliner di China.

Begitu pula dengan tren kopi yang terjadi dan berkembang di dunia. Ada beberapa negara yang memiliki pengaruh besar terhadap kopi di dunia.


Salah satunya adalah Australia yang kini tengah menjadi kiblat tren kopi di dunia. Bahkan banyak sekali racikan dan tren kopi kekinian merujuk pada kebiasaan orang Australia dalam menikmati kopinya.

Baca juga: Pria Indonesia Ini Mengaku Kolektor Wine Ternyata Pemalsu Wine Ulung

Berikut ini 5 fakta perkembangan kopi di Australia melansir berbagai sumber:

Kopi di Australia pertama kali ditanam sekitar tahun 1788. Foto: Ilustrasi iStock

1. Ditanam pertama kali 1788

Perkembangan kopi di Australia memiliki perjalanan yang panjang, bersejarah, dan signifikan. Tanaman kopi pertama kali ditanam dan dibudidayakan di Australia sekitar 1788 dan harus berhadapan dengan teh.

Sebelum kopi ditanam, orang Italia lebih akrab dengan teh sebagai minuman sehari-harinya. Tanaman kopi pertama di Australia bibitnya berasal dari Rio de Janeiro, Brasil yang butuh waktu untuk dikultivasi dengan sempurna.

Mengingat kondisi iklim dan unsur hara di Brasil dan Australia sangat jauh berbeda. Hingga akhirnya pada pertengahan abad ke-20 kopi mulai menyebar dan menggeser teh sebagai minuman favorit.

2. Imigrasi orang Italia

Tren minum kopi bagi orang Australia juga tak terlepas dari datangnya imigran asal Italia. Para imigran mengenalkan mesin espresso ketika berlangsungnya Perang Dunia kedua.

Sejak kehadiran mesin espresso, akhirnya orang-orang lokal mulai mengenal dan penasaran dengan espresso. Terutama di kota-kota besar seperti Melbourne dan Sydney kopi mulai mendapatkan antusias pada pertengahan 1950an.

Rasa kopi yang pahit dan pekat mulai digemari dan pemesanan akan kopi hitam meningkat. Pengaruh dari imigran ini pula yang diakui pencetus atau pelopor dari kehadiran kafe-kafe modern yang mulai disesuaikan dengan cita rasa orang Australia.

Lini waktu perkembangan kopi di Australia selanjutnya ada di halaman berikutnya.

Membagikan
Exit mobile version