Jumat, Oktober 4


Barcelona

Selama setahun ini warga Spanyol terus melakukan protes menentang pariwisata massal. Akhirnya, mereka kalah juga dan semua sia-sia.

Dilansir dari Express UK pada Jumat (4/10/2024), kekalahan para penentang pariwisata massal itu dipastikan setelah Dewan Pilar de La Horadada mendukung rencana pembangunan 1.086 rumah liburan di lahan pedesaan seluas 290.000 meter persegi di Lo Monte Playa di wilayah populer Costa Blanca.

Jika disahkan, rencana itu mengakhiri kampanye selama sembilan tahun oleh pengembang untuk mengklasifikasi ulang lahan tersebut.


Dalam pemungutan suara dewan pada tanggal 27 September, partai Partido Popular (PP), yang berkuasa di Spanyol, mendukung langkah tersebut dengan banyak dukungan dari berbagai pihak, sementara anggota dewan memilih abstain.

Urbanisasi baru ini diharapkan akan mendatangkan hingga 2.700 penduduk baru untuk meningkatkan populasi Pilar menjadi hanya di bawah 25.000 orang. Proyek ini akan berbatasan dengan Avenida Federico Garcia Lorca di Mil Palmeras, Camping Lo Monte, dan Avenida Levante di sebelah selatan dan pesisir.

Promotor, Santamar de la Vega, mengatakan bahwa lahan tersebut adalah tanah terlantar dan tidak digunakan untuk pertanian selama 30 tahun. Proyek ini akan menutupi kesenjangan antara urbanisasi lainnya. Proyek ini tidak memiliki risiko banjir, meskipun rencana banjir regional menyebutkan bahwa mungkin ada risiko struktural karena rambla (dasar sungai kering) yang melintasi lahan tersebut.

Santamar de la Vega memiliki 98 persen lahan tersebut, yang diperkirakan bernilai 21,7 juta euro.

Yang terpenting, Konfederasi Hidrografi Segura dan pemerintah daerah telah mendukung laporan dampak lingkungan dari pembangun tersebut.

Kelompok Friends of Sierra Escalona telah menyuarakan kekhawatiran bahwa mungkin ada masalah yang disebabkan oleh bangunan baru yang menghentikan kelebihan air mengalir.

Perusahaan yang berpusat di Orihuela ini memiliki rencana untuk urbanisasi 2.000 rumah di San Miguel de Salinas serta promosi gedung pencakar langit Los Naufragos di Torrevieja.

(bnl/fem)

Membagikan
Exit mobile version