Kamis, Oktober 17

Jakarta

Microsoft bakal menyetop dukungan untuk Windows pada 14 Oktober 2025, atau kurang lebih satu tahun lagi. Bagaimana nasib pengguna yang tak bisa upgrade ke Windows 11?

Ya, masalah penyetopan dukungan terhadap Windows 10 ini tak sepenuhnya bisa diselesaikan dengan memperbarui sistem operasinya ke Windows 11, yang bisa dilakukan secara gratis.

Pasalnya tak semua PC bisa diperbarui ke Windows 11 karena beberapa syarat ketat yang harus dipenuhi. Yaitu dukungan fitur keamanan Trusted Platform Module (TPM) 2.0 dan kompatibilitas prosesor yang tak terlalu luas, yaitu prosesor keluaran 2018 ke atas.


Dua syarat ini yang biasanya menjadi ganjalan pengguna Windows 10 untuk memperbarui sistem operasinya, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (16/10/2024).

Skala dari masalah ini sangatlah besar. Pengguna Windows 11 memang saat ini terus meningkat, namun berdasarkan data dari Statcounter, Windows 10 masih menjadi sistem operasi paling banyak dipakai oleh pengguna PC berbasis Windows.

Dan, jutaan pengguna Windows 10 ini –setidaknya sampai saat ini– hanya punya dua opsi. Pertama, mereka harus meng-upgrade komponen PC-nya agar kompatibel dengan Windows 11. Atau pilihan keduanya adalah mereka membayar biaya tambahan ke Microsoft agar mendapat perpanjangan dukungan OS.

Nama program perpanjangan dukungan ini adalah Extended Security Update (ESU), yang membuat Windows 10 tetap mendapat dukungan dalam bentuk security patch hingga tiga tahun. Biayanya tak murah, untuk pengguna di kalangan perusahaan biayanya adalah USD 61 per perangkat untuk tahun pertama, dan meningkat dua kali lipat untuk tahun berikutnya.

Sebenarnya ada pilihan ketiga untuk pengguna Windows 10. Yaitu pasrah, alias tetap menggunakan Windows 10 tanpa dukungan security patch dari Microsoft. Opsi ini mungkin tak terlalu bermasalah untuk pengguna rumahan. Namun untuk perusahaan yang membutuhkan tingkat keamanan lebih tinggi, rasanya tak bijak untuk menggunakan opsi ini.

Namun ada perusahaan pihak ketiga seperti 0patch yang menawarkan layanan pembaruan security patch tak resmi untuk Windows 10. Mereka berencana menawarkan layanan ini selama beberapa tahun lebih lama dari Microsoft. Mungkin nantinya akan lebih banyak perusahaan yang menawarkan layanan sejenis.

[Gambas:Youtube]


(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version