Minggu, September 29

Jakarta

Setiap tanggal 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan G30S/PKI. Peringatan atas peristiwa sejarah di tahun 1965, yakni pemberontakan Gerakan 30 September (G30) yang diduga didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dalam sejarahnya, G30S/PKI merupakan sebuah peristiwa berlatar belakang pemberontakan hingga kudeta yang terjadi pada malam tanggal 30 September hingga awal 1 Oktober 1965 di Indonesia. Dalam peristiwa tersebut, sejumlah jenderal tinggi TNI gugur.

Peristiwa tersebut kemudian diperingati setiap tanggal 30 September sebagai Hari Peringatan G30S/PKI setiap tahunnya. Sementara sehari setelahnya, yakni pada setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.


Tahun ini, pada tanggal 30 September 2024 bertepatan dengan peringatan yang ke-59 tahun sejak G30S/PKI terjadi pada tahun 1965 silam.

Lantas, apakah Hari Peringatan G30S/PKI tanggal 30 September ditetapkan sebagai hari libur atau tidak?

Meski termasuk tanggal penting yang memperingati hari penting nasional di Indonesia, tanggal 30 September yang diperingati sebagai Hari Peringatan G30S/PKI bukanlah hari libur nasional dan tidak ditetapkan sebagai tanggal merah.

Begitu pula dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, tanggal 30 September 2024 tidak termasuk tanggal merah. Baik untuk hari libur nasional maupun cuti bersama.

Lalu, bagaimana dengan Hari Kesaktian Pancasila, apakah tanggal 1 Oktober adalah hari libur atau tidak?

Sama halnya dengan Hari Peringatan G30S/PKI tanggal 30 September, untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober juga tidak ditetapkan sebagai tanggal merah. Tidak ada pula hari libur nasional maupun cuti bersama yang berkaitan dengan peringatan tersebut.

Sejauh ini tidak ada peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait penetapan tanggal merah atau hari libur untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober maupun Hari Peringatan Peristiwa Pemberontakan G30S/PKI tanggal 30 September.

Sebagai informasi tambahan, seperti dilansir situs resmi Kemdikbud, untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 pada tanggal 1 Oktober 2024 diusung tema dengan slogan “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

Hari Peringatan G30S/PKI dan Hari Kesaktian Pancasila

Pada Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI setiap tanggal 30 September, biasanya diperingati dengan cara mengibarkan bendera setengah tiang di lingkungan masing-masing. Hal ini dalam rangka mengenang para korban yang gugur dalam peristiwa tersebut.

Sementara pada tanggal 1 Oktober peringatan Hari Kesaktian Pancasila, biasa diperingati dengan cara mengibarkan bendera satu tuang penuh. Biasanya juga diselenggarakan upacara bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan masing-masing.

(wia/imk)

Membagikan
Exit mobile version