Jumat, Oktober 11

Jakarta

Badai dahsyat Milton akan melanda negara bagian Florida dan diprediksi mengancam nyawa. Bahkan ada peringatan dari pejabat bahwa jika penduduk yang akan terdampak tidak pergi, mereka bisa meninggal dunia.

Walikota Tampa, Florida, Jane Castor mengatakan bahwa mendengarkan dan menuruti perintah evakuasi sangat penting untuk bertahan hidup. “Saya dapat mengatakan tanpa dramatisasi apa pun, jika Anda memilih untuk tetap berada di salah satu area evakuasi tersebut, Anda akan mati,” kata Castor.

Dikutip detikINET dari USA Today, dia menekankan bahwa tidak pernah ada badai seperti ini sebelumnya dan Milton akan menjadi bencana besar ketika telah menerpa daratan.


Milton yang masuk badai Kategori 4 mendekat dan akan menghantam daratan negara bagian tersebut kurang dari dua minggu setelah Badai Helene menghancurkan Florida dan sebagian Georgia, Carolina, dan Tennessee. Bahkan Milton sempat menguat menjadi badai Kategori 5 yang berbahaya saat menghantam Pantai Teluk Florida.

Angin kencang maksimum yang dihasilkan badai telah menguat hingga 265 kilometer per jam, menjadikannya kembali ke status badai Kategori 5. Pusat badai diperkirakan akan menerjang wilayah Tampa pada Rabu malam atau Kamis dini hari waktu setempat.

Lima puluh satu daerah di negara bagian Florida berada dalam keadaan darurat, dan jutaan orang menghadapi kemungkinan evakuasi. Jalanan penuh dengan kendaraan dan macet total karena warga berbondong pergi. Gubernur Florida Ron DeSantis menekankan meskipun kecepatan angin mungkin melambat, Milton masih merupakan badai besar dengan potensi menguat lagi sebelum mencapai daratan.

“Bahkan jika melemah, Anda masih akan menghadapi badai besar. Dampaknya akan sangat, sangat signifikan,” katanya. Jika tetap berada di kondisinya saat ini, Milton bisa menjadi badai terburuk yang melanda wilayah Tampa dalam lebih dari 100 tahun.

Badai ini merupakan salah satu dari 40 badai yang meningkat ke level Kategori 5 di Atlantik, dan salah satu dari tujuh badai yang berubah dari Kategori 1 ke Kategori 5 dalam waktu 24 jam atau kurang. Federal Emergency Management Agency menyebutnya sebagai badai dengan pertumbuhan tercepat ketiga di Atlantik, setelah Badai Wilma (2005) dan Felix (2007).

“ini adalah sesuatu yang belum pernah saya lihat dalam hidup saya dan saya dapat memberi tahu Anda bahwa siapa pun yang lahir dan dibesarkan di wilayah Teluk Tampa belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya. Orang-orang harus keluar dari sini,” cetus Castor.

Saat waktu masih memungkinkan, diharapkan warga yang berada di jalur badai pergi dari wilayahnya agar selamat. “Anda mungkin punya waktu yang aman, mungkin juga tidak. Jadi, gunakan hari ini untuk merampungkan dan melaksanakan rencana yang akan melindungi Anda dan keluarga,” kata DeSantis.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga sudah angkat bicara dan memperingatkan warga. Biden mengatakan Milton bisa jadi salah satu badai terburuk dalam 100 tahun di Florida.

“Jalur badai saat ini diperkirakan akan menghantam Teluk Tampa dan melintasi negara bagian, dengan potensi memasuki Florida sebagai badai dan meninggalkan Florida masih sebagai badai. Ini bisa jadi badai terburuk yang melanda Florida dalam lebih dari satu abad. Semoga takkan terjadi, tapi seperti itulah yang terlihat saat ini,” ujar Biden.

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version