Rabu, Oktober 2


Jakarta

Tim balap milik Valentino Rossi, VR46 Racing Team, telah mengumumkan Franco Morbidelli sebagai pebalap untuk MotoGP 2025. Keputusan tersebut langsung mendapat perhatian banyak pihak. Sebab, performa Morbidelli belakangan sedang menurun.

Manager VR46 Racing Team, Pablo Nieto, mengatakan keputusan pihaknya merekrut Morbidelli untuk musim depan telah dipertimbangkan matang-matang. Dia yakin, Morbidelli akan kembali mengerikan setelah membela timnya.

“Franco merupakan pebalap yang sudah kami kenal sejak di akademi. Jadi penting bagi kami untuk terus bekerja seperti ini. Sebab, kamu tahu, kami sangat mengenalnya,” ujar Nieto saat ditemui di paddock Pertamina Enduro VR46 Racing Team di Sirkuit Mandalika.


“Dia pebalap yang mengejar gelar juara beberapa waktu lalu. Jadi kami tahu potensinya sangat besar dan kami tahu kami dapat melakukan pekerjaan yang baik bersamanya,” tambahnya.

Pablo Nieto, Manajer VR46 Racing Team Foto: (Septian Farhan Nurhuda/detikOto)

Nieto tak menjelaskan, apakah ada peran Valentino Rossi atau tidak di balik perekrutan tersebut. Namun, dia menegaskan, Morbidelli merupakan sosok terbaik untuk menggantikan Marco Bezzechhi yang musim depan pindah ke Aprilia.

“Marco pindah dari timnya untuk bisa bergabung bersama kami. Jadi penting bagi kami untuk bisa bekerja sama dengannya,” tuturnya.

Musim depan, VR46 Racing Team akan mendapat jatah satu motor spek pabrikan atau Ducati Desmosedici 25. Motor tersebut tak dipakai Morbidelli, melainkan rekan setimnya, Fabio Diggia. Sementara Morbidelli hanya akan mengendarai Desmosedichi 24.

“Diggia yang akan mengendarai satu motor pabrikan. Seperti begitu, kami punya target tinggi untuk musim depan,” kata Nieto.

Franco Morbidelli. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Sebagai catatan, Franco Morbidelli yang membela Pramac Racing saat ini menghuni klasemen ke-12 dengan koleksi 120 poin. Dia menjadi pebalap dengan poin terkecil dibandingkan tujuh pebalap Ducati lain.

Musim lalu, Morbidelli yang membela Yamaha hanya finis di peringkat ke-13 klasemen akhir. Sementara musim 2022, dia banyak menghabiskan waktu untuk pemulihan cedera. Dia ketika itu hanya finis di peringkat ke-19.

Padahal, Morbidelli sempat membuat kejutan ketika menjadi pebalap satelit Yamaha di musim 2020. Dia mampu finis sebagai runner up dengan jarak 13 poin dari Joan Mir yang menjadi juara dunia.

(sfn/rgr)

Membagikan
Exit mobile version