Sabtu, Oktober 12


Jakarta

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis Nmax terbaru dengan emblem Turbo. Seperti apa perbedaan dengan versi sebelumnya?

“Mesin Nmax Turbo sudah menggunakan YECVT yang sudah terintegrasikan mesin bluecore VVA,” ujar Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Mfg di Double Tree by Hilton Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, (12/6/2024).

Mesin terbaru itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 rpm. Sedangkan pada Yamaha Nmax generasi sebelumnya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 13,9 Nm / 6.500 rpm. Ada kenaikan torsi sekitar 0,3 Nm.


Untuk Nmax Turbo ini menggunakan sistem Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang menggantikan sistem CVT konvensional. Varian ini hanya tersedia untuk Nmax Turbo dan Nmax Turbo Tech Max.

“Ada beberapa spare part yang berbeda, antara yang Turbo dan Neo pun berbeda. Terutama di sektor transmisi, crankshaft, motor juga nggak ada kalau di Neo dan motor lainnya. Roller juga nggak ada (di Yamaha Turbo), karena YECVT menggantikan fungsi mekanisme konvensional CVT yang pergerakannya menggunakan roller yang menggunakan gaya sentrifugal. Nah, fungsi itu digantikan dengan YECVT,” jelas Anton.

Berdasarkan pengetesan internal Yamaha, fitur Turbo ini bisa berakselerasi dari titik nol ke 100 meter bisa diraih dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya memakan waktu 7,43 detik.

Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan Nmax generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

Kemudian pengetesan menanjak dengan kemiringan 10 derajat dengan jarak 150 meter. Nmax Turbo bisa mencapai 11,73 detik, sedangkan Nmax generasi sebelumnya memakan waktu 12,33 detik.

“Pada kondisi jalan menanjak 150 meter sudut 10 derajat, Nmax turbo juga bisa lebih cepat dengan jarak 9,9 meter lebih cepat,” ungkapnya lagi.

Pada Nmax Turbo terdapat Y-Shift yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3). Untuk itu, motor diklaim cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

Yamaha terbaru varian Turbo paling tertinggi dibekali berbagai fitur kekinian, di antaranya: Y-Connect, Electric Power Outlet, Smart Key System, YECVT, Dual Channel ABS, Multi Information Display, TFT Special Navigation System, dan Spesial TechMax Seat.

Pada kesempatan launching NMAX generasi teranyar, Yamaha Indonesia juga turut meluncurkan varian spesial, yakni Nmax Turbo Tech Max Ultimate yang mendapatkan tambahan part spesial yang tidak ada pada varian lainnya. Part spesial tersebut adalah Performance Damper yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas serta handling saat berkendara.

Harga Yamaha Nmax 2024

Yamaha Nmax Neo: Rp 32.700.00
Yamaha Nmax Neo S: Rp 33.700.000
Yamaha Nmax Turbo: Rp 37.750.000
Yamaha Nmax Turbo Tech Max: Rp 43.250.000
Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate: Rp 45.250.000

Simak Video “Yamaha Lexi LX 155 Meluncur, Panaskan Pasar Skutik!
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)

Membagikan
Exit mobile version