Kamis, Juli 4


Jakarta

Paspor jadi alat vital saat ke luar negeri, sebagai identitas utama. Tapi tahukah traveler bahwa ada dua jenis paspor, yakni buku paspor dan kartu paspor. Sudah tahu?

Mengutip Travel + Leisure, Selasa (2/7/2024), ada jenis identifikasi lain untuk ke luar negeri, yaitu kartu paspor. Keberadaannya hanya tersedia bagi warga AS yang merencanakan perjalanan ke Kanada, Meksiko, Bermuda, atau Karibia melalui darat atau laut.

Dokumen ini memiliki keterbatasan, namun kartu paspor sering kali lebih murah dan lebih mudah didapat daripada buku paspor biasa. Berikut ini perbedaan di antara keduanya dan cara memutuskan mana yang tepat untuk Anda.


Apa itu buku paspor?

Ketika Anda berpikir tentang paspor, Anda mungkin membayangkan sebuah buku paspor, standar emas untuk dokumentasi perjalanan internasional, yang dikeluarkan oleh pemerintah negara asal Anda.

Di AS, buku paspor berwarna biru tua, dan dianggap sebagai Real ID, atau bentuk identifikasi yang diterima secara federal. Foto dan informasi pribadi Anda, termasuk tanggal lahir, tempat lahir, dan jenis kelamin, ada di bagian depan, begitu pula nomor paspor, tanggal penerbitan, dan tanggal kadaluarsa.

Untuk orang dewasa, paspor berlaku selama 10 tahun dan untuk anak di bawah 16 tahun, paspor berlaku selama lima tahun.

Di belakangnya terdapat halaman kosong untuk visa, perangko atau stiker yang akan Anda terima di pemeriksaan perbatasan negara.

Kartu paspor (Foto: Travel + Leisure/U.S. STATE DEPARTMENT)

Apa itu kartu paspor?

Di AS, kartu paspor adalah bentuk identifikasi yang sesuai dengan Real ID yang memungkinkan Anda bepergian ke tujuan internasional tertentu, tetapi hanya dengan alat transportasi tertentu.

Kartu paspor tidak dapat digunakan untuk perjalanan udara, hanya untuk penyeberangan darat dari AS ke Kanada dan Meksiko atau untuk melakukan perjalanan laut ke negara-negara Karibia dan Bermuda.

Bentuknya sangat mirip dengan SIM, dengan foto dan informasi pribadi tercantum di bagian depan, dan berukuran cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam dompet. Seperti buku paspor, kartu paspor berlaku selama 10 tahun.

Perbedaan antara buku dan kartu paspor

Meski keduanya merupakan bentuk identitas resmi yang dikeluarkan pemerintah yang memungkinkan Anda melakukan perjalanan internasional, ada beberapa perbedaan signifikan di antara keduanya.

Yang paling penting, buku paspor dapat digunakan untuk semua jenis perjalanan internasional ke semua negara, sedangkan kartu paspor hanya dapat digunakan untuk perjalanan darat dan laut ke Kanada, Meksiko, Bermuda, dan Karibia.

Artinya, jika Anda terbang ke luar negeri maka memerlukan buku paspor, bukan kartu paspor. Keduanya juga berbeda dalam hal ukuran dan tampilan, dengan buku paspor berukuran saku dan kartu paspor lebih mendekati ukuran kartu identitas yang dapat dimasukkan ke dalam dompet.

Pemerintah mengenakan harga berbeda untuk masing-masing. Buku paspor biayanya USD 130 untuk biaya pendaftaran pertama kali, sedangkan untuk kartu paspor, biaya pendaftaran pertama kali hanya USD 30.

Jika Anda ingin mendapatkan keduanya, harganya menjadi USD 160.

Perlu diingat bahwa mana pun yang dipilih, Anda juga harus membayar biaya pemrosesan sebesar USD 35. Saat tiba waktunya untuk memperbarui, Anda akan dikenakan biaya USD 130 untuk buku paspor, USD 30 untuk kartu paspor, atau USD 160 untuk keduanya.

Harga untuk anak di bawah 16 tahun sedikit lebih rendah, yaitu USD 100 untuk buku paspor, USD 15 untuk kartu paspor, atau USD 115 untuk keduanya, ditambah biaya pemrosesan USD 35 untuk setiap orang.

(msl/bnl)

Membagikan
Exit mobile version