Jumat, Oktober 4


Jakarta

Pada segmen mobil hatchback, konsumen seringkali dihadapkan pada pilihan yang sulit. Wajar, selain harganya beda-beda tipis, fitur yang disajikan juga saling berdekatan. Terlebih jika bicara value for money, tentu tak bisa sembarangan memilih.

Setidaknya ada tiga pilihan hatchback yang menarik bagi pengendara di Indonesia saat ini, yaitu Suzuki Baleno Hatchback, Toyota Yaris, dan Honda City Hatchback. Hmm, kira-kira diantara ketiga model tersebut, mana yang paling value for money ya?

Jelas ketiga model tersebut, memiliki keunggulan masing-masing yang mampu memanjakan pencintanya. Nah kali ini detikOto coba membandingkan dengan menjalani serangkaian uji tantangan meliputi tes performa dan efisiensi, tes kenyamanan suspensi dan handling, tes akomodasi dan kenyamanan kabin, serta tes kelengkapan fitur. Penasaran, simak ulasannya berikut ini.


Suzuki Baleno Hatchback

Suzuki Baleno Foto: Doc SIS

Suzuki Baleno hadir dengan mesin 1.462 cc 4 silinder (K15B) yang menghasilkan tenaga 104,6 PS dan torsi 138 Nm. Mengandalkan transmisi otomatis 4-speed, Baleno mencatat konsumsi bahan bakar impresif, yakni 22,4 km/liter. Dari segi dimensi, Baleno memiliki ukuran 3.990 x 1.745 x 1.485 mm dan wheelbase 2.520 mm, yang cukup kompak untuk berkendara di perkotaan.

Namun, ruang kabin belakang cukup terbatas untuk tiga orang dewasa meski masih menawarkan ruang kepala dan kaki yang memadai. Di sisi akomodasi, Baleno unggul dengan bagasi yang cukup luas untuk membawa 4 koper kecil dan 1 koper besar, ditambah dengan kompartemen dan cup holder yang melimpah.

Dari sisi fitur, Baleno tampil mengesankan. Fitur unggulannya mencakup tilt and telescopic steering, head up display, auto climate AC with heater, AC belakang, USB socket, layar infotainment 9 inci dengan dukungan Apple Carplay dan Android Auto, cruise control, kamera 360 derajat, dan 6 airbags.

Namun yang menjadi catatan harga yang ditawarkan Suzuki Baleno Hatchback hanya mencapai Rp 283,9 juta (periode Oktober 2024), Suzuki Baleno menawarkan paket yang sangat kompetitif. Berikut spesifikasi Suzuki Baleno Hatchback.

PERFORMANCE

Spesifikasi Mesin K15B/1,462 cc/4 Cylinder/ VVT
Panjang Keseluruhan 3,990 mm
Ground Clearance 160 mm
Berat 1,430 kg
Radius Putar 5.1 m
Transmisi A/T 5 Speed
Sistem Pengereman Ventilated Disc and Drum
Ukuran Ban 195/55 R16
Kapasitas Penumpang 5 orang

KEY FEATURES

Hill Hold Control (HHC) (AT) Tersedia
Electrommic Stability Programme (ESP) Tersedia
Braking Systems (ABS + EBD + BA) Tersedia
Heartect Platform Tersedia
Pedestrian Injury Mitigation Body Tersedia
Pretensioner Front Seat Belt Tersedia
6 Airbags Tersedia
Fire Extinguisher Tersedia
Immobilizer Tersedia
ISOFIX

Tersedia

Toyota Yaris GR Sport

Toyota Yaris. Foto: Dok. Toyota Astra-Motor

Toyota Yaris hadir dengan mesin 1.496 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 107 PS dan torsi 140,23 Nm, serta konsumsi bahan bakar 20,5 km/liter. Ukuran bodi yang sedikit lebih besar dengan dimensi 4.145 x 1.730 x 1.500 mm dan wheelbase 2.550 mm membuat Yaris lebih stabil di jalan raya.

Dari segi kenyamanan, Yaris terbilang unggul. Meskipun digunakan untuk duduk bertiga di baris kedua, penumpang masih bisa merasa nyaman berkat ruang kaki dan kepala yang cukup luas. Suspensi yang baik juga memberikan pengalaman berkendara yang nyaman terutama untuk perjalanan jauh.

Akomodasi Yaris juga patut diacungi jempol, dengan kapasitas bagasi yang mampu menampung 1 koper besar, 2 koper sedang, dan 1 koper kecil. Tersedia juga banyak cup holder dan kompartemen tambahan.

Untuk fitur, Yaris menyediakan head unit 7 inci yang dapat terhubung dengan smartphone, serta layar 9 inci untuk tipe GR Sports, panoramic view monitor, dan hingga 7 airbags pada tipe tertentu. Harga Yaris berada di rentang Rp 341,4 juta hingga Rp 348,2 juta (periode Oktober 2024).

Soal fitur keselamatan yang ditawarkan juga tidak kalah dibandingkan kompetitor, yakni menawarkan 7 Airbags (Driver + Passenger); 2 Side Airbags; 2 Curtain Side Airbags; Driver Knee, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) + Electronic Braking Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Isofix with Tether Anchor (car seat), Whiplash Injury Lessening Seat (desain kursi yang bisa mengurangi sakit leher), 3-Point Seat Belt with Pretensioner & Force Limiter (Driver & Passenger), Energy-Absorbing Body Structure & High Strength Body Frame. Berikut spesifikasi Toyota Yaris GR Sport.

ENGINE

Tipe Mesin / Engine Type In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Bore x Stroke (mm) 72.5 x 90.6
Isi Silinder/Displacement (cc) 1,496 cc
Daya Maksimum / Max Power (ps/rpm) 107 / 6,000
Torsi Maksimum / Max Torque (kgm/rpm) 14.3 / 4,200
Sistem Bahan Bakar / Fuel System Fuel Injection

CHASSIS

Transmisi / Transmission 7-Speed CVT
Sistem Rem / Brake System ABS + EBD + BA
Rem Depan / Front Brakes 15″ Ventilated
Rem Belakang / Rear Brakes 15″ Solid Disc
Suspensi Depan / Front Suspension MacPherson Strut
Suspensi Belakang / Rear Suspension Torsion Beam
Sistem Kemudi / Steering System Rack and Pinion, Electric Power Steering, With Tilt
Ban / Tires 195/50R16

Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Honda City Hatchback RS mengusung mesin 1.498 cc dengan tenaga maksimal 121 PS dan torsi 145 Nm. Hal tersebut menjadikannya mobil dengan performa terbaik di antara ketiga pesaingnya. Selain itu, konsumsi bahan bakar City Hatchback sangat hemat yakni 22,7 km/liter. Dimensi yang lebih panjang yakni 4.349 x 1.748 x 1.488 mm dengan wheelbase 2.600 mm memberikan kesan mobil yang lebih luas dan bertenaga.

Baris kedua mobil ini masih nyaman untuk diduduki oleh tiga orang dewasa. Namun, ruang kepala dan kaki di baris kedua kurang lapang dibandingkan dua pesaingnya. Akomodasi City Hatchback dinilai cukup memadai dengan ruang untuk 1 koper besar, 1 koper sedang, dan 1 koper kecil.

Honda juga menyematkan berbagai fitur unggulan seperti remote engine start, tilt and telescopic steering, pedal shift, serta layar sentuh 8 inci dan kamera parkir belakang. Dengan harga yang lebih tinggi, antara Rp 352,5 juta hingga Rp 382,5 juta, City Hatchback RS menawarkan performa yang mengesankan, meski dengan harga yang cukup premium.

Spesifikasi lengkap Honda City RS Hatchback CVT:

– 1.5L DOHC i-VTEC engine 121 PS

– 6 M/T / CVT with Earth Dreams Technology

– LED Headlamp with LED DRL

– LED Fog Light

– Black Door Mirror with LED Tuning Signal

– 16″ Sport Alloy Wheel

– One Push Ignition System

– Auto A/C with Red Illumination

– Suede Fabric leather Combi Trimmed Seats

– 8″ Capacitive Touchscreen Display Audio

– 8 Speakers

– Multi Angle rear view camera

– Remote Engine Start

– ABS+EBD+BA

– Brake Override System

Hasil Akhir

Setelah menjalani tes efisiensi hingga kelengkapan fitur, masing-masing hatchback terkemuka ini memiliki keunggulannya tersendiri. Honda City Hatchback unggul dalam performa dan efisiensi, Toyota Yaris menonjol dalam kenyamanan suspensi serta kenyamanan kabin. Sementara itu, Suzuki Baleno Hatchback menjadi juara dalam akomodasi dan fitur.

Meski setiap mobil memiliki keunggulan masing-masing, Suzuki Baleno Hatchback bisa dikatakan sebagai mobil hatchback yang paling value for money, karena hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan jauh lebih kompetitif di kantong masyarakat Rp 283,9 juta.

(lth/dry)

Membagikan
Exit mobile version