Jakarta –
Pelancong menuangkan kekesalannya saat ia dipindahkan dari kursi kelas satu demi digantikan seekor anjing.
Melansir Nypost, Jumat (27/12/2024), penumpang Delta Airlines awalnya merasa senang karena mendapatkan upgrade kursi gratis. Namun, tak lama berselang ia kembali dipindahkan ke kursi ekonomi.
“Saya di-upgrade ke kelas utama pagi ini, hanya 15 menit kemudian diturunkan kelasnya (ke kursi yang lebih buruk dari yang sebelumnya). Saya bertanya kepada petugas dan dia menjawab ‘ada yang berubah’,” keluh pengguna Reddit @ben_bob.
Setelah menghubungi Delta Support, penumpang yang frustrasi itu merasa kesal setelah diberitahu bahwa setiap penumpang manusia harus direlokasi demi mengakomodasi hewan penolong. Pihak maskapai pun mengatakan tidak ada yang dapat mereka lakukan dalam situasi tersebut.
“Oke, baiklah, saya tidak puas tapi terserah, saya kemudian naik pesawat hanya untuk melihat anjing ini di kursi kelas satu saya… Dan sekarang saya marah,” ujar Redditor tersebut.
“Tidak mungkin anjing itu telah menghabiskan waktu dengan maskapai ini sebanyak yang saya lakukan,” imbuhnya kesal.
“Saya telah duduk diam ketika orang lain mengeluh tentang maskapai ini yang memperlakukan pelanggan dengan buruk akhir-akhir ini dan tingkat layanannya menurun, tetapi saya mulai mempertanyakan kesetiaan saya juga,” sambungnya.
Menanggapi kejadian itu, para warganet pun juga menuangkan kekesalan serupa.
“Perhatikan, di tempat lain mana pun Anda tidak pernah melihat jumlah hewan pembantu sebanyak ini? Pergilah ke bandara dan tiba-tiba saja mereka muncul,” kata warganet.
“Anjing itu mungkin adalah Diamond Medallion 2 juta miler,” canda yang lain, mengacu pada tingkat status loyalitas pada Delta Airlines.
“Saya melihat begitu banyak rompi anjing pemandu yang diterbangkan kemarin. Sepertinya setiap orang memiliki anjing pemandu. Ini sangat di luar kendali,” keluh mereka.
Kendati demikian, salah satu karyawan Delta Airlines pun ikut memberikan tanggapan dan mengingatkan para warganet perihal penumpang berkebutuhan khusus dan anjing pelayan diberi prioritas dalam kursi bersekat atau kelas satu.
“Saat saya berada di bagian reservasi, setiap kali ada yang menginginkan kursi yang bersekat, saya harus memberitahu mereka bahwa Delta memiliki kewajiban hukum untuk memindahkan kursi tersebut jika ada penumpang berkebutuhan khusus yang memerlukannya,” ujar karyawan tersebut.
Namun, pakar perjalanan Gary Leff berpihak pada pelancong manusia dalam perdebatan mengenai anjing ini.
“Saya benar-benar tidak mengerti logika Delta yang memindahkan penumpang dari kelas utama demi mengakomodasi seekor anjing di sekat,” tulis Leff di View From The Wing.
“Yang pasti, maskapai penerbangan pada umumnya diwajibkan untuk menyediakan akomodasi yang masuk akal di bawah Undang-Undang Akses Maskapai Penerbangan, dan salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan kursi sekat. Namun pergantian kursi di menit-menit terakhir tentu saja tidak diperlukan,” tambahnya.
(wkn/ddn)