Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Seorang wartawan perang yang berkursi roda terpaksa merangkak ke toilet karena tak ada kursi roda di tengah penerbangan. Dia membagikan foto kakinya terjuntai di lantai toilet dan viral.

Dilansir dari New York Post, Kamis (2/10/2024) jurnalis BBC Frank Gardner, 63, menceritakan pengalaman yang memalukan itu di akun X.

“Wah. Sekarang tahun 2024 dan saya harus merangkak di lantai maskapai Polandia ini untuk mencapai toilet selama penerbangan kembali dari Warsawa karena ‘kami tidak memiliki kursi roda di dalam pesawat. Itu kebijakan maskapai,'” kata Gardner.


“Jika Anda cacat dan tidak bisa berjalan, ini sungguh diskriminatif,” imbuh jurnalis kawakan itu. Postingan ini disertai dengan foto kaki Gardner di lantai pesawat.

“Demi keadilan bagi awak kabin, mereka sangat membantu dan meminta maaf semampu mereka. Bukan salah mereka, itu salah maskapai. Tidak akan menerbangkan LOT lagi sampai mereka memasuki abad ke-21,” tulis Gardner dalam unggahan lanjutan.

[Gambas:Twitter]

Ia juga membahas insiden ‘tidak manusiawi’ itu di BBC Breakfast hari Selasa.

“Sangat keterlaluan dalam hal perjalanan udara bahwa LOT, maskapai penerbangan Polandia yang saya tumpangi dari Warsawa tadi malam kembali ke London, tidak memiliki kursi lorong di dalam pesawat,” keluh Gardner.

Dia bercerita jika pramugari menawarkan bantuan untuk membopongnya ke toilet. Namun dia memilih merangkak, karena pasti akan sulit bila dibopong di lorong yang sempit itu.

“Yah, tidak juga, karena jika seseorang memapah Anda ke toilet, itu terlalu sulit. Saya harus merangkak di sepanjang lantai pesawat yang tidak terlalu bersih,” katanya.

Walau dia dalam kondisi yang memalukan, namun Gardner memuji awak kabin yang sigap membantunya.

“Awak kabin sangat malu dan mereka sangat membantu semampu mereka. Ada pramugara yang sangat baik di sana yang fantastis. Dia berhasil mengangkat kaki saya,”

“Namun intinya, teman-teman, tidak sulit untuk memiliki kursi lorong di dalam pesawat. Barang-barang ini dapat dilipat hingga seukuran kereta dorong bayi, jika tidak lebih kecil, dan dapat disimpan di loker atas atau lemari,” sarannya.

(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version