Jumat, Oktober 11

Jakarta

Epson meluncurkan tiga printer SureColor terbaru yang terdiri dari SC-P5330, SC-V1030, dan SC-F1030 di All Print Exhibition, JIEXPO Jakarta, hari ini. Ketiga produk printer tersebut dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pencetakan berkualitas tinggi baik di industri fotografi, grafis, maupun ritel.

“Di kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya mewakili Epson Indonesia untuk menyampaikan bahwa Epson akan melaunching produk-produk terbaru,” ucap Head of LFP & IIJ Epson Indonesia, Lina Mariani, dalam sambutannya di acara launching printer baru Epson, Jumat (11/10/2024).

Seri SC-F1030 merupakan jenis printer Direct-to-Garment (DTG) yang dapat melakukan pencetakan langsung pada pakaian dan aksesoris. Selain itu, juga bisa untuk produk kustom seperti kaos, tote bag, dan barang lainnya.


Printer SC-F1030 memiliki dimensi yang kecil sehingga tidak memakan ruang penyimpanan terlalu besar. Lalu, waktu yang dibutuhkan untuk mencetak di pakaian putih kurang lebih sekitar 40 detik. Sedangkan untuk pakaian hitam biasanya membutuhkan waktu sekitar 200 detik.

Kelebihan SC-F1030 yang lain adalah konsumsi daya listrik rendah, konektivitas dengan WiFi, hingga fitur penyesuaian otomatis.

Foto: Fatmalian Safanur

Printer kedua yang diluncurkan dari Epson adalah SC-V1030. Printer SC-V1030 merupakan printer UV desktop ukuran A4 yang menjadi solusi pencetakan berbagai objek tiga dimensi seperti kayu, akrilik, logam, hingga bahan plastik.

Printer ini juga dilengkapi teknologi cetak UV yang dapat menghasilkan cetakan dengan cepat, tahan lama, dan presisi tinggi di berbagai permukaan. Baik printer SC-F1030 dan SC-V1030 sama-sama menawarkan fleksibilitas untuk bisnis ritel dengan pencetakan kustomisasi. Jadi, pelaku bisnis ritel bisa memenuhi permintaan konsumen terkait produk kustomisasi dengan lebih baik.

Printer ketiga yang diluncurkan adalah SC-P5330 yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan fotografi bagi fotografer profesional dan penyedia jasa cetak foto yang ingin mendapat hasil cetakan warna tinggi dan detail tajam. Media yang bisa digunakan pada printer ini antara lain kertas foto premium, kanvas, dan media bertekstur lainnya.

“Jadi memang Epson Indonesia menggunakan kesempatan kali ini di All Print Exhibition untuk melaunching 3 produk ini sekaligus. Karena kita melihat pameran ini merupakan salah satu ajang printing terbesar di Indonesia yang kita nilai cukup tepat untuk memasarkan produk-produk terbaru Epson,” ungkap Lina.

Ia menambahkan tiga printer SureColor F1030, V1030, dan P5330 belum diproduksi di dalam luar negeri. Namun, ia mengatakan tidak perlu khawatir soal ketersediaan sparepart, tinta, dan barang lainnya karena sudah disiapkan stoknya dan didukung banyak partner.

“Kebetulan kalau yang tiga ini belum dalam negeri. Tapi yang untuk produksi dalam negeri ada bisa dijumpai di mesin-mesin yang lain,” ucap Lina.

Terkait ketersediaan barang, Lina mengatakan sudah mulai tersedia di bulan Oktober ini. Sementara mengenai harganya, Lina hanya memberi perkiraan.

“Harga beda-beda ya untuk tiga mesin ini. Untuk yang mesin foto itu harganya sekitar 50 juta. Untuk yang mesin UV itu harganya sekitar 110 juta. Sedangkan kalau untuk yang mesin DTG itu harganya sekitar Rp 78 juta,” pungkas Lina.


(anl/ega)

Membagikan
Exit mobile version