Sabtu, September 28


Jakarta

Ajang balapan MotoGP Mandalika 2024 dinilai sangat penting bagi sektor pariwisata Indonesia. Apa korelasinya?

Meski tajuknya adalah balapan motor, tapi dalam kenyataannya ajang balap MotoGP Mandalika 2024 memiliki efek terhadap sektor pariwisata.

Hal itu diakui oleh Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney.


Menurut Maya, ajang ini sangat penting karena bisa menjadi katalis pembangunan dari suatu destinasi wisata. Lebih dari itu, ajang ini akan jadi branding yang sangat bagus bagi Indonesia.

“Saya rasa penting sekali ya, karena kita memang melihat ini kan tahun ketiga dan kita sudah ada beberapa kajian juga yang kita lakukan, bahwa memang event berskala internasional ini adalah katalis pembangunan suatu destinasi dan branding untuk Indonesia. Bisa dibayangkan nanti di hari Sabtu-Minggu, 400 juta pasang mata di dunia melihat ke Mandalika dan Indonesia. Jadi sangat membanggakan ya,” ungkap Maya di acara detikPagi, Kamis (26/9/2024).

Bisa dibilang, ajang internasional seperti MotoGP Mandalika 2024 ini akan jadi investasi penting untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan.

“Jadi memang investment yang kita lakukan ini penting untuk dampak jangka panjang Economic Growth di suatu daerah. Kita ketahui, sektor pariwisata itu bisa menjadi engine Economic Growth ke depan. Nah, kenapa kita mengadakan event seperti MotoGP ini secara konsisten, kita berharap 5 sampai 10 tahun ke depan bisa memberikan sustainable impact untuk NTB, maupun negara,” terang Maya.

Direktur Pemasaran & Pariwisata InJourney Maya Watono. Foto: Anisa Indraini/detikcom

Berkaca dari tahun lalu, ajang MotoGP Mandalika diharapkan bisa membawa perputaran uang sampai Rp 4,3 Triliun. Tahun ini, ditargetkan ada perputaran uang minimal Rp 4,5 Triliun dari ajang tersebut.

“Kita juga harapkan pastinya tahun ini juga memberi dampak yang signifikan, minimal Rp 4,5 Triliun. Pengunjung kalau di tahun lalu kita ada di 103.000, kita harapkan di tahun ini 110.000, dengan peningkatan wisatawan asing yang datang ke NTB dan ke Indonesia,” imbuh Maya.

Terakhir, ajang MotoGP Mandalika 2024 penting untuk branding Indonesia di mata dunia sebagai Tuan Rumah event internasional dengan segala keramahannya dan keindahan alamnya. Belum lagi soal penciptaan lapangan kerja yang cukup signifikan dari acara ini.

“Jadi excitement-nya luar biasa pastinya. Untuk Nation Branding juga luar biasa. Satu lagi untuk lapangan kerja. Pembukaan lapangan kerja dari event ini, maupun dari sektor pariwisata in general ini sangat luar biasa, bisa mengatribusi sekitar 25% dari lapangan kerja di Indonesia sampai 30 juta,” tutup Maya.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version