Jumat, Oktober 18


Jakarta

Penjualan mobil Subaru di Indonesia sepanjang tahun lalu membuat prinsipal di Jepang terkejut. Kira-kira apa alasannya, ya?

Ismail Ashlan selaku General Manager (GM) Subaru Indonesia mengatakan, prinsipal terkejut lantaran Subaru BRZ yang merupakan mobil sport premium menjadi produk terlaris kedua di Tanah Air. Sebab, kendaraan tersebut tak pernah menempati urutan tiga besar terlaris di negara-negara lain.

Bahkan, di Amerika Serikat yang menjadi salah satu market terbesarnya, BRZ hanya menghuni peringkat kelima mobil terlaris. Penjualan BRZ di Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.


“Subaru Jepang surprise (kaget) karena BRZ nggak pernah tiga besar di semua negara. Hanya di Indonesia yang masuk tiga besar. Biasanya itu volume maker-nya ada SUV, tapi di Indonesia malah sport coupe,” terangnya.

Subaru menghadirkan All New Subaru BRZ model 2024. Untuk pertama kalinya, Subaru membawa BRZ M/T EyeSight dan Subaru BRZ A/T EyeSight. Foto: Andhika Prasetia

Dia menjelaskan, BRZ menjadi salah satu kontributor utama di Indonesia karena mampu menawarkan harga terjangkau dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni. Kendaraan tersebut saat ini dibanderol mulai Rp 885 jutaan dengan status on the road Jakarta.

“Kalau kita lihat dari sisi logika, Subaru BRZ satu-satunya yang bisa kasih value di sport car. Value dalam arti produk ke harga. Karena kan pas diproduksi kembar ya, ada dua brand dengan body type yang sama. Tapi kita bisa kasih harga yang lebih rendah dengan spek cukup baik,” kata dia.

Sebagai catatan, penjualan Subaru di Indonesia selama 2023 meningkat 343 persen secara year on year dibandingkan tahun lalu. Subaru Crosstrek menjadi mobil terlaris pertama, BRZ kedua dan Forester ketiga.

Subaru BRZ Model Year 2024 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Subaru BRZ model 2024 meluncur di pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024. Kini, seluruh varian telah dilengkapi fitur bantuan pengemudi Subaru EyeSight generasi keempat. Sistem itu mencakup fungsi Adaptive Cruise Control, Lane Sway and Departure Warning, Pre-Collision Braking System, Lead Vehicle Start Alert, dan Subaru Rear Vehicle Detection

Subaru BRZ dilengkapi dengan mesin BOXER 2.4 liter naturally aspirated bertenaga 237 ps pada 7.000 rpm dan torsi puncak hingga 250 Nm yang sudah dapat dirasakan mulai 3.700 rpm. Konfigurasi mesin ini juga memungkinkan Ultra-Low Center of Gravity untuk memastikan kemampuan melahap tikungan khususnya saat digunakan di lintasan balap.

Sementara transmisinya tersedia dalam dua pilihan, yakni 6-percepatan manual close-ratio dan 6-percepatan direct control automatic dengan adaptive control dan paddle-shifter.

Simak Video “Review Subaru BRZ: Keluar Zona Nyaman, Hasilnya Malah Idaman!
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lth)

Membagikan
Exit mobile version