Rabu, Oktober 16


Jakarta

Wanita ini curhat sempat punya tabungan ratusan juta dari jualan nasi goreng, tetapi kini bangkrut. Ia menyebut ada kaitannya dengan penyakit ‘ain’.

Seorang wanita kerap membagikan kesehariannya sebagai penjual nasi goreng lewat video TikTok. Meski hanya ditawarkan di gerobak kaki lima, tetapi nasi gorengnya tersebut selalu ramai pelanggan.

Dari hasil jualannya tersebut ia sampai punya tabungan ratusan juta di usia 25 tahun. Ditambah lagi, ia juga menerapkan frugal living atau gaya hidup hemat untuk kesehariannya.


Keseharian tersebutlah dijadikan konten dengan maksud menginspirasi. Namun, nasib nahas justru dialaminya. Usaha nasi gorengnya kian hari turun omzet bahkan hingga bangkrut.

Penjual Nasi Goreng Ini Punya Tabungan Ratusan Juta Tapi Bangkrut Gegara Ain Foto: TikTok @nunung_purningsih

Ia menduga bahwa itu adalah panyakit ain, penyakit ‘supranatural’ yang diyakini umat Islam terjadi karena pandangan disertai rasa iri, dengki, atau takjub terhadap orang lain.

“Bener kata Kak Inem Jogja, sudahi pamermu, karena ain itu nyata. Mau tau sekejam apa ain itu,” bunyi keterangan video TikTok yang dikonfirmasi detikFood (30/08/24).

Ia menceritakan bahwa usaha nasi goreng yang dilakukan bersama suaminya tersebut menjadi kebanggaan tersendiri. Dari jualannya yang ramai, ia selalu mendapat omzet tinggi.

“Dulu ngedapetin duit segitu gampang banget, celengan selalu terisi penuh,” tuturnya lagi.

Namun, setelah konten soal frugal living dan tabungan ratusan juta itu viral pada Juli 2023, usaha nasi gorengnya mendadak sepi. Omzetnya selalu turun, bahkan ia hanya mendapat Rp 90.000 per hari.

Setelah bangkrut, ia memutuskan untuk pulang kampung. Foto: TikTok @nunung_purningsih

Hal tersebut membuat dirinya harus nombok kebutuhan belanja untuk usaha nasi goreng. Dalam sehari ia bisa menombok sekitar Rp 100.000- Rp 300.000 sehingga tabungannya terkuras.

“Sepi pelanggan dan ini berangsur selama 1 tahun terakhir ini. Awalnya kita tetap optimis bisa membaik. Ternyata gak bisa. Hampir setiap hari nasi gak habis dan dibuang,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia juga menceritakan bahwa gelang emas satu-satunya harus dijual untuk menutupi kebutuhan. Sampai akhirnya ia dan suami memutuskan untuk menutup warung nasi gorengnya yang sudah dijalani selama 5 tahun.

“Dan akhirnya kita pulang kampung malu dikatain tetangga bangkrut. Tapi begitulah kenyataannya,” ujarnya.

Videonya viral dan mengundang berbagai reaksi netizen. Banyak netizen yang sependapat agar tidak terlalu memamerkan apa yang dimiliki.

“Bener guys, percaya gak percaya ain itu ada. Turut prihatin ya kak,” tulis netizen.

“Iya sebaiknya jangan dipamerkan, karena pasti ada aja orang memandangnya dengan penuh iri dan dengki. Semoga segera dilimpahkan rezeki kembali,” tulis netizen.

Simak juga Video ‘Mengenal Jenis-jenis Penyakit Hati’:

[Gambas:Video 20detik]

Saksikan Live DetikPagi:

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version