Jumat, Oktober 11

Jakarta

Netizen ngeluh penjual makanan yang menipu pembelinya dengan menyebut dagangannya pakai saus mentai. Padahal hanya mayonnaise dan saus sambal. Ini bedanya!

Berasal dari Jepang, saus mentai populer di Indonesia digunakan sebagai topping atau isian makanan. Namun, banyak netizen yang mengeluh penjual yang menipu dalam penggunaan saus mentai.

Seperti yang dikeluhkan oleh seorang pengguna TikTok @bacot_alfano (03/10/24). Ia mengutarakan kekesalannya kepada penjual makanan yang mengklaim menggunakan saus mentai padahal aslinya mayonnaise dan saus sambal.


“Please stop kalau lo jualan mentai, tapi hanya menggunakan mayonnaise dan saus sambal. Itu namanya spicy mayo. Masih mending yang nambahin tobiko, tapi itu namanya spicy mayo dengan tobiko,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa saus mentai yang asli adalah yang menggunakan mentaiko dan mayonnaise dari Jepang. “Kalau kalian masih bilang saus mantai tapi gak pakai mentaiko, berarti kalian nipu,” tuturnya.

Lantas, bagaimana racikan saus mentai sebenarnya? Berikut faktanya saus mentai.

1. Terbuat dari campuran mentaiko

Saus mentai terbuat dari mentaiko. Foto: iStock

Saus mentai yang asli adalah yang dibuat dengan campuran mentaiko. Dikutip dari Just One Cook Book, mentaiko atau karashi mentaiko merupakan telur ikan pollock atau cod roe pedas.

Ikan tersebut berasal dari Korea dan di sana lebih dikenal dengan sebutan myeongnan-jeot. Mentaiko memiliki warna kuning kemerahan dan teksturnya lembut seperti keju mozzarella.

Namun, mentaiko ini terbilang sulit ditemukan di Indonesia. Karenanya banyak penjual makanan membuat saus mentai menggunakan tobiko sebagai alternatif pengganti mentaiko.

2. Cara membuat saus mentai

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat saus mentai adalah mentaiko dan mayonnaise. Cara membuatnya terbilang mudah, yakni dengan menuang mayonnaise ke dalam mentaiko.

Kemudian, aduk rata menggunakan sumpit dan saus mentai siap digunakan. Biasanya saus mentai menjadi pelengkap makanan, seperti topping sushi, dimsum, shirataki, pasta, baked rice, dan salad sayuran.

Saus mentai yang dibuat menggunakan mentaiko asli memiliki cita rasa asin dan umami. Berbeda dengan spicy mayo yang kerap diklaim sebagai saus mentai punya cita rasa yang sedikit asam dan pedas.

Fakta tentang saus mentai ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Makanan Jepang Kaki Lima ‘Asasuka’ dengan Cita Rasa Autentik
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version