Sabtu, September 28


Jakarta

Di media sosial viral pengendara mengeluhkan pelayanan SPBU Pertamina. Dalam narasi video viral itu disebutkan pengendara mengisi bensin Rp 150 ribu, tapi yang diisi ke kendaraan senilai Rp 100 ribu.

Video itu diunggah akun Instagram @infocibubur._. Disebutkan, peristiwa terjadi di SPBU Buperta Cibubur.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (23/6/2024) malam. Tertulis dalam keterangan videonya, pengendara itu mengisi bensin Rp 150 ribu. Usai mengisi bensin, pengendara tersebut berinisiatif meminta setruk atau bukti pembayaran. Setelah dicek, di setruk tersebut hanya Rp 100 ribu.


“Kita komplain ke petugasnya, kita disuruh tunggu 15 menit untuk setoran mereka, setelah setoran katanya gak ada uang lebih, cuma ada 20rb recehan KATANYA ITU UANG TIP,” tulis akun Instagram itu.

Lebih lanjut, pengendara itu merasa kecewa dengan salah satu petugas yang bilang, “Cuma uang Rp 50 ribu doang receh, Mba”. Pihak SPBU kemudian mengecek CCTV dan yang terisi memang benar Rp 100 ribu.

Menanggapi kasus viral ini, Pertamina buka suara. Berikut pernyataan resmi yang disampaikan oleh Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Muslim Dharmawan melalui keterangan tertulis kepada detikOto, Selasa (25/6/2024).

1. Adanya pemberitaan mengenai keluhan konsumen saat mengisi BBM jenis Pertalite di SPBU 34.16915 di Jl. Akses Baru Buperta, Harjamukti Kecamatan Cimanggis Kota Depok pada Minggu (23/6) pukul 21.35 WIB yang disebabkan adanya kesalahpahaman jumlah pengisian BBM antara konsumen dengan operator SPBU.

2. Konsumen dan pihak SPBU telah bertemu untuk menyelesaikan kesalahpahaman tersebut. Berdasarkan hasil penelusuran informasi, operator menerima uang sebesar Rp 100.000 dari konsumen dan sudah melakukan konfirmasi jumlah pengisian sebelum mengisi BBM ke kendaraan serta dari hasil pengecekan dashboard transaksi dan CCTV, tidak ditemukan transaksi dengan nilai sebesar Rp.150.000.

3. Selanjutnya dilakukan tindak lanjut dengan memberikan pembinaan kepada seluruh petugas operator SPBU untuk mengutamakan faktor 3S (Salam, Senyum, Sapa) saat pelayanan kepada konsumen dan menjalankan SOP konfirmasi jumlah pengisian BBM serta lebih teliti dalam melayani pembelian BBM.

4. Untuk informasi produk, layanan dan pengaduan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version