Rabu, Oktober 2


Jakarta

Gunung Agung jadi tujuan para pendaki jika berlibur ke Bali. Perlu diketahui bahwa jalurnya ditutup untuk dua bulan mendatang.

Pendakian ke Gunung Agung, Karangasem, Bali, ditutup selama dua bulan mulai dari 1 Oktober hingga 30 November 2024. Hal tersebut dilakukan karena akan ada pelaksanaan Karya Tabuh Gentuh Wana Kertih, Segara Kertih lan Nubung Pedagingan di Pura Pasar Agung Desa Sebudi, Kecamatan Selat.

Humas Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana, mengatakan karya (kegiatan) tersebut merupakan upacara besar yang hanya dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Sehingga kesucian sekitar Pura Pasar Agung menjelang hingga berakhirnya karya wajib dijaga bersama-sama.


“Karya ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Terakhir dilaksanakan pada Oktober 2014. Jadi ini merupakan upacara besar di Pura Pasar Agung,” kata Suara, Selasa (1/10/2024).

Berdasarkan hasil rapat, jro mangku dan pihak lainnya diputuskan untuk menutup sementara aktivitas pendakian ke Gunung Agung. Hal tersebut dilakukan demi kelancaran selama berlangsungnya karya.

Suara sudah berkoordinasi dengan seluruh pemandu pendakian ke Gunung Agung serta bersurat ke seluruh agen travel terkait penutupan tersebut. Ia berharap seluruh wisatawan agar mentaati larangan terkait pendakian ke Gunung Agung.

Baca artikel selengkapnya di detikBali

(msl/msl)

Membagikan
Exit mobile version