Kamis, Januari 30

Jakarta

Sejumlah pengguna jam tangan Garmin melaporkan perangkatnya crash saat mengakses aplikasi yang membutuhkan koneksi GPS. Smartwatch yang crash mengalami ‘reboot loop’ dan menampilkan logo segitiga biru di layar.

Sejak Selasa (28/1) kemarin, ribuan pengguna jam tangan Garmin sudah mengeluhkan masalah ini di media sosial dan forum online. Mereka turut membagikan foto layar jam tangan yang hanya menampilkan logo segitiga.

Menurut website Garmin, masalah ini dialami oleh perangkat di lini smartwatch Approach, Epix, Fenix, Forerunner, Instinct Series, Vivoactive 4 dan 5, serta Venu 3 dan 3S. Garmin Edge Cycling Computer, perangkat GPS khusus untuk sepeda, juga mengalami masalah serupa.


“Kami menyadari adanya masalah yang menyebabkan beberapa perangkat macet di layar awal atau menampilkan segitiga biru,” kata Garmin dalam keterangan resmi di website-nya, seperti dikutip dari Bleeping Computer, Rabu (29/1/2025).

“Untuk mengatasi masalah ini, tekan dan tahan tombol power sampai perangkat matu, kemudian aktifkan kembali, dan sinkronisasi dengan aplikasi Garmin Connect atau Garmin Express,” sambungnya.

Garmin mengimbau pengguna yang smartwatch-nya masih terjebak boot loop untuk melakukan factory reset menggunakan instruksi yang ada di website-nya. Namun sejumlah pengguna yang mencoba metode ini melaporkan perangkat mereka belum bisa pulih.

Perlu diingat juga bahwa factory reset smartwatch Garmin akan menghapus konten Connect IQ (termasuk watch face dan aplikasi, Body Battery dan data Garmin Wallet, jalan pintas dan kontrol hotkey, dan lain-lain.

Garmin belum mengungkap penyebab crash yang dialami pengguna smartwatch-nya. Namun, update firmware yang mempengaruhi sistem GPS di smartwatch diyakini sebagai biang kerok masalah tersebut.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version