Kamis, September 26

Jakarta

iPhone 16 series sudah mulai diterima oleh konsumen sejak Jumat (20/9) kemarin. Beberapa hari setelah diluncurkan, sejumlah pengguna mengeluhkan layar sentuh iPhone 16 series bermasalah.

Menurut beberapa laporan di media sosial dan forum internet Reddit, sejumlah pengguna mengatakan layar iPhone 16 series tidak responsif saat diketuk , yang mempengaruhi interaksi seperti scrolling, menekan tombol, dan menekan huruf di keyboard.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan 9to5Mac, masalah ini disebabkan oleh bug di software dan bukan masalah pada hardware. Secara spesifik, algoritma salah sentuh iOS yang jadi terlalu sensitif dan membuat sentuhan tidak dikenali.


Ketika hal ini terjadi, software ponsel kadang mengabaikan semua sentuhan baru di display selama beberapa saat. Ini yang menyebabkan sentuhan dan swipe tidak dikenali.

Beberapa pengguna sepertinya tidak sengaja memicu sistem iOS untuk tidak mengenali sentuhan setelah menyentuh bagian layar lainnya. Pengguna lainnya mengatakan masalah ini muncul ketika jari mereka berada di tombol Camera Control, namun masalah ini di semua sisi layar.

Bezel iPhone 16 Pro yang makin tipis turut memperparah masalah ini karena kulit pengguna jadi lebih mudah menyentuh bagian pinggir layar. Apalagi jika ponsel digunakan tanpa case sehingga kulit tangan dan jari bisa lebih mudah menyentuh pinggir layar tanpa disengaja, seperti dikutip dari 9to5Mac, Senin (23/9/2024).

9to5Mac juga menemukan masalah ini tidak muncul ketika iPhone 16 dalam keadaan diam dan dikunci. Masalah layar sentuh ini baru dirasakan saat ponsel dalam keadaan aktif, misalnya seperti scrolling di aplikasi atau swiping di homepage. Hal ini semakin mengindikasikan masalah itu terkait dengan software, bukan hardware.

Masalah ini banyak ditemukan di iPhone yang menjalankan iOS 18 dan iOS 18.1 beta. Jika benar hanya karena masalah software, Apple seharusnya bisa mengatasi isu ini hanya dengan merilis update untuk iPhone 16.

Simak Video “iOS 18 Sudah Rilis, Simak Daftar iPhone dan Cara Downloadnya
[Gambas:Video 20detik]

(/)

Membagikan
Exit mobile version