Minggu, September 29

Jakarta

Instagram merilis fitur bernama ‘Close Friends on Live’. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna melakukan Instagram Live yang hanya bisa ditonton oleh teman terdekatnya yang ada di daftar Close Friends.

Berkat fitur ini, pengguna bisa melakukan Instagram Live dengan audiens yang jumlahnya terbatas, maksimal tiga orang. Fitur ini sudah digulirkan untuk pengguna Instagram di seluruh dunia.

Sebelum fitur ini diluncurkan Instagram Live memang bisa ditonton siapa saja, baik itu followers atau bukan, jika akun pengguna bersifat publik. Jika pengguna memiliki akun private, Instagram Live hanya bisa ditonton oleh semua followers.


Fitur ini biasanya digunakan oleh selebriti dan influencer untuk berinteraksi dengan follower-nya, atau akun penggemar yang menyiarkan konser musisi favoritnya. Intinya, fitur Instagram Live dirancang untuk menyiarkan konten yang mencari audiens sebanyak mungkin.

Setelah fitur Closes Friends on Live, Instagram ingin menunjukkan fitur ini juga bisa digunakan untuk interaksi yang lebih private. Mereka mencontohkan pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk membahas rencana liburan, mengerjakan tugas sekolah, atau sekedar ngobrol.

Tidak hanya pengguna biasa, aplikasi milik Meta ini juga menyarankan influencer untuk memanfaatkan fitur Live dengan Close Friends untuk melakukan livestream terbatas dengan follower terpilih, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (21/6/2024).

Instagram belakangan ini memang lebih mengedepankan jenis interaksi yang lebih private di platform-nya. Sejak November lalu, pengguna Instagram bisa membatasi jangkauan postingan di feed dan Reels hanya untuk teman terdekatnya saja.

Pada bulan Mei lalu, Instagram menambahkan opsi untuk mengizinkan interaksi hanya dari Close Friends. Artinya pengguna tidak akan melihat komentar, DM, mention, dan interaksi lainnya dari pengguna lain di luar Close Friends.

Selain Close Friends on Live, Instagram juga merilis update baru untuk feed yang memungkinkan pengguna menambahkan musik ke postingan carousel yang berisi video. Sebelumnya pengguna hanya bisa menambahkan musik ke carousel yang hanya menampilkan foto.

(vmp/fay)

Membagikan
Exit mobile version