Minggu, Oktober 20

Jakarta

Instagram dan Spotify baru saja mengumumkan kolaborasi terbarunya. Kini pengguna bisa menambahkan lagu yang mereka temukan di Instagram ke pustaka Spotify-nya dengan sekali ketuk.

“Kami tahu bahwa musik ada di sekitar kalian dan terkadang itu berarti musik ada di feed media sosial kalian,” kata Spotify dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari 9to5Mac, Minggu (20/10/2024).

“Karena itu mulai hari ini, Spotify dengan gembira meluncurkan integrasi baru dengan Instagram yang memudahkan mengambil dan menambahkan lagu ke Spotify dari Instagram secara instan hanya dengan sekali sentuhan,” sambungnya.


Artinya, ketika pengguna Instagram menemukan lagu yang menarik di feed, Stories, atau Reels dan ingin mendengarkan lagunya lebih lanjut, mereka bisa langsung menyimpannya dan menambahkan lagu tersebut ke pustaka Spotify.

Menariknya, pengguna tidak perlu berganti aplikasi untuk menambahkan lagu dari Instagram ke Spotify, semuanya bisa dilakukan langsung dari aplikasi Instagram. Tentu saja pengguna harus memiliki akun Spotify untuk menggunakan fitur ini.

Lagu yang ditambahkan ke Spotify akan muncul di daftar putar ‘Liked Songs’ dan di tab ‘Your Library’. Fitur baru ini akan tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

Cara tambahkan lagu dari Instagram ke Spotify

  • Pastikan aplikasi Instagram sudah menjalankan versi terbaru
  • Buka aplikasi Instagram di Android atau iOS
  • Saat menemukan lagu yang disukai di feed, Stories, atau Reels, ketuk judul lagu yang biasanya berada di bawah username profil untuk menampilkan detail lagu
  • Ketuk tombol ‘Add’ yang ada di samping slider pemutar musik
  • Ketuk tombol ‘Link Spotify’ yang ada di menu pop-up
  • Ketuk tombol ‘Agree’ untuk menghubungkan Spotify ke Instagram
  • Jika sudah, lagu yang sudah ditambahkan akan tersimpan otomatis di pustaka Spotify.
Fitur baru Instagram bisa tambahkan lagu ke Spotify Foto: Screenshot/detikINET

“Di Spotify, kami selalu mencari cara baru untuk menciptakan hubungan yang lebih dalam antara artis dan penggemar, dan dengan integrasi Instagram ini kami memperkenalkan cara baru bagi pengguna untuk menemukan lebih banyak artis dan lagu favorit mereka,” jelas Spotify.

Fitur serupa juga sudah tersedia di TikTok sejak tahun lalu. Namun pengguna TikTok tidak hanya bisa menambahkan lagu ke Spotify saja, tapi juga ke Apple Music dan Amazon Music.

Fitur baru untuk menambahkan lagu dari Instagram ke Spotify akan diluncurkan secara bertahap ke pengguna di seluruh dunia. Fitur ini sudah bisa dicoba pengguna Instagram di Indonesia, tapi pastikan aplikasi kalian sudah menjalankan versi terbaru.

(vmp/rns)

Membagikan
Exit mobile version