Kamis, Oktober 10

Jakarta

Pengembang ChatGPT dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pada hari ini, Rabu (9/10/2024). Pertemuan tersebut akan berlangsung di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta.

Budi membenarkan akan bertemu dengan Sam Altman, CEO OpenAI atau perwakilannya yang mengembangkan ChatGPT. Berdasarkan informasi yang diketahui detikINET, pertemuan berlangsung pukul 14.00 WIB.

“Iya, nanti siang. Orangnya dulu sekarang,” ujar Budi ditemui usai penandatanganan nota kesepahaman Kementerian Kominfo dengan IBM Indonesia di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.


Adapun agenda pertemuan antara Menkominfo Budi dan Sam Altman atau perwakilannya ini adalah untuk membahas teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), khususnya di Indonesia.

“Bahas AI. Ya sudah, tenang saja dulu. Sekarang perusahaannya dulu. Tanya ke Pak Prabu, karena yang nanti iniin itu pak Prabu. Nanti jam dua perusahaannya itu mau ketemu saya, namanya WorldID, dia akan bicara AI soal deepfake dan menganalisa soal deepfake,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Prabu Revolusi, mengatakan WorldID ini adalah anak perusahaan dari ChatGPT.

“Itu perusahannya Sam Altman mau datang ke Indonesia untuk ketemu pak Menteri. Mau diskusi tentang pencegahan deepfake menggunakan teknologi AI,” ucap Prabu.

Terkait WorldID mau beroperasi maupun terkait Sam Altman mau berinvestasi AI di Indonesia, Prabu belum mengetahuinya secara pasti karena pertemuan akan dilakukan siang ini. “Ini baru pertemuan pertama,” kata Prabu.

“Persentase mereka punya teknologi. Ya sudah, paling benar datang ke Indonesia. Ya, benar datang ke Indonesia hari ini,” pungkasnya.

(agt/fyk)

Membagikan
Exit mobile version