Jakarta –
Meski sedang low season, pengamat penerbangan Gerry Soejatman menilai disiplin OTP (On Time Performance) dari maskapai-maskapai tetaplah penting.
Saat low season, biasanya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi udara akan menurun. Meski load penumpang tidak terlalu banyak seperti saat peak season, tetapi maskapai tidak boleh lengah dan harus tetap perform memberikan pelayanan terbaik di low season.
Gerry menyebut, disiplin OTP di saat low season menjadi salah satu poin penting bagi maskapai saat menghadapi peak season penumpang yang terjadi biasanya di akhir tahun.
“Bagi konsumen yang mementingkan OTP, pada peak season mereka juga akan mengantisipasi hal-hal yang akan mempengaruhi ketepatan waktu mereka juga, seperti berangkat lebih awal ke bandara, sudah berada di gate pada awal waktu boarding.” ujar Gerry dalam keterangannya, Sabtu (9/11/2024).
Gerry sendiri menyebutkan poin penting lainnya bagi penumpang selain ketepatan waktu terbang yang sangat mempengaruhi calon konsumen, yaitu ketersediaan jadwal, transparansi pelayanan serta harga tiket pesawat.
“Maskapai harus transparan mengenai layanan apa yang konsumen terima saat terbang, seperti adanya hot meals/snack, apakah harus buy on board, dan lainnya,” imbuh dia.
Low season di Indonesia terjadi selama bulan September hingga awal Desember. Baru ketika akhir Desember hingga awal Januari, Indonesia akan masuk ke peak season bersamaan dengan momen liburan Natal dan Tahun Baru.
(wsw/wsw)