Sabtu, September 21

Jakarta

Dalam berhubungan seksual, salah satu tujuan bagi banyak orang adalah mencapai orgasme. Ini merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi puncak saat melakukan hubungan intim.

Setiap orang juga mungkin memiliki pengalaman fisik dan emosional yang berbeda-beda. Ini yang dirasakan seorang pria di Iran yang sudah menikah berinisial R.

Pria 31 tahun itu pergi ke dokter dengan keluhan yang cukup unik. Ia merasa setiap kali orgasme, dunia yang dilihatnya seperti berwarna merah muda.


Selain itu, objek yang dilihatnya tampak lebih tajam dan terang seperti pagi hari. Itu terus terjadi meski ia dan istrinya mencapai orgasme saat tengah malam.

Mengetahui keluhan R, dokter memeriksanya dengan serangkaian tes. Hasilnya, dokter mendiagnosis R dengan kondisi sinestesia.

Sinestesia adalah kondisi langka yang terjadi saat indra saling bersilangan. Dalam kasus lain, hal itu dapat menyebabkan seseorang ‘melihat warna’ atau ‘mendengar suara’.

“Ia menyatakan bahwa selama orgasmenya, ia mengalami perubahan ekuitas visual setiap kali matanya terbuka, dan melihat objek lebih tajam dan lebih terang dari biasanya,” jelas dokter yang ditulis dalam jurnal Psychiatry.

“Ia menggambarkan perubahan ini sebagai penglihatan kontras tinggi dengan warna merah muda dominan di mana-mana. Lingkungan juga terlihat lebih cerah seolah-olah masih pagi, meski dalam gelap,” sambungnya.

Apa Itu Sinestesia?

Sinestesia adalah kondisi yang disebabkan saraf yang terstimulasi oleh aktivitas tertentu secara tidak sengaja. Hal itu mengaktifkan saraf lain yang tidak terkait dan memicu beragam sensasi bagi orang-orang.

Masih belum jelas penyebab orgasme dapat memicu kondisi sinestesia ini. Tetapi, lonjakan hormon yang dilepaskan dan tingginya aktivitas otak selama bercinta dapat meningkatkan kemungkinan beberapa saraf terstimulasi.

Kondisi ini sering dikaitkan dengan perkembangan otak. Organ tersebut dikatakan telah berkembang dengan cara yang berbeda selama masa kanak-kanak dari orang-orang ‘neurotipikal’.

Banyak orang menjalani kehidupan yang normal dan penuh dengan kondisi ini. Beberapa orang bahkan mengatakan hal itu memberi mereka pengalaman yang lebih kaya akan dunia.

Dalam kasus lain, banyak yang melaporkan melihat warna yang berbeda selama setiap tahap hubungan seks. Banyak yang melaporkan melihat warna oranye di awal bercinta, kuning selama berhubungan, dan kemudian merah muda selama fase klimaks.

Jenis lainnya termasuk melihat warna tertentu ketika mendengar klakson mobil, atau mengatakan mereka dapat merasakan kata-kata ketika mereka mendengarnya.

(sao/sao)

Membagikan
Exit mobile version