Selasa, Oktober 1

Jakarta

Perusahaan rintisan chip otak milik Elon Musk, Neuralink, memamerkan kemampuan pasien chip otak pertamanya yang bermain catur online. Melalui siaran langsung yang berdurasi sembilan menit di media sosial X, orang pertama yang menerima chip otak tersebut menggerakan kursor menggunakan ‘pikiran’.

Pasien tersebut bernama Noland Arbaugh, pria berusia 29 tahun yang mengalami kelumpuhan di bawah bahu akibat kecelakaan menyelam dan menerima implan chip pada bulan Januari lalu. Chip tersebut bertujuan menghubungkan otak manusia ke komputer untuk membantu mengatasi kondisi neurologis yang kompleks.

“Operasinya sangat mudah,” kata Arbaugh saat presentasi, dikutip dari BBC.


Implan tersebut juga memungkinkan seseorang mengendalikan kursor komputer atau keyboard tanpa tangan, hanya dengan menggunakan pikiran atau telepati.

Sebelumnya, pada Februari 2024, Elon Musk mengatakan bahwa Arbaugh dapat mengendalikan tetikus komputer menggunakan pikirannya.

Arbaugh juga menyebut chip implan tersebut memberinya kemampuan untuk memainkan video game Civilization VI. Menurutnya, Neuralink memberinya kemampuan untuk kembali memainkan gim video tersebut setelah sempat berhenti.

Chip Otak Belum Sempurna

Meski begitu, Arbaugh mengatakan teknologi baru ini belum sempurna dan masih mengalami beberapa masalah. Perangkat chip Neuralink yang berukuran sebesar koin, dimasukkan ke dalam tengkorak manusia menggunakan kabel mikroskopis.

“Saya tidak ingin orang berpikir ini adalah akhir dari perjalanan, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi itu sudah mengubah hidup saya,” tambahnya.

Benda ini dapat membaca aktivitas neuron dan mengirimkan kembali sinyal nirkabel ke unit penerima.

Neuralink sebelumnya telah melakukan uji coba pada hewan, seperti babi dan monyet. Pihaknya pun mengklaim bahwa monyet dapat memainkan versi dasar dari video game Pong.

Neuralink juga diberikan izin untuk menguji chip tersebut pada manusia oleh Food and Drug Administration (FDA) pada Mei 2023. Namun, seperti diberitakan Reuters, bulan lalu pengawas FDA menemukan masalah pada pencatatan dan kontrol kualitas untuk percobaan hewan di Neuralink milik Elon Musk. Neuralink tidak menanggapi pertanyaan tentang pemeriksaan FDA.

Simak Video “Penjelasan Elon Musk Tentang Prosedur Pemasangan Chip Otak Miliknya
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

Membagikan
Exit mobile version