Kamis, Oktober 10


Jakarta

Ada lagi pendaki jatuh di jurang Gunung Rinjani. Pendaki itu adalah turis dari Irlandia.

Dikabarkan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) bahwa pendaki yang jatuh ini berlangsung pada siang tadi, Kamis (10/10/2024). Pendaki tersebut selamat dan mampu berjalan sendiri menaiki punggungan.

Di awal video, pendaki asal Irlandia itu berada di sebuah jurang pasir ke arah Gunung Barujari. Ia terduduk di bawah cekungan yang kemungkinan menahannya agar tidak jatuh lebih dalam.


Dengan sigap tim SAR menolong pendaki malang itu. Ia membantu pendaki bule dari belakang.

“Rabu 9 Oktober 2024, siang ini sekitar pukul 11.30 Wita proses evakuasi WNA asal Irlandia atas nama Paul Farrel 31 Tahun berhasil dilakukan setelah sebelumnya korban tergelincir di sekitar letter E saat menuju puncak Rinjani,” kata BTNGR.

Pendaki Irlandia jatuh di jurang Gunung Rinjani (Foto: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani)

“Bersyukur korban hanya mengalami luka ringan dan saat ini sedang mendapatkan perawatan di shelter emergency Plawangan Sembalun,” kata dia.

Di akhir video, pendaki Irlandia terlihat duduk bersama penolong. Ia mengobati luka-luka akibat kejadian itu sambil mengerang kesakitan.

Di sisi lain, BTNGR juga mengimbau agar traveler yang mendaki Gunung Rinjani agar lebih berhati-hati. Diketahui bahwa area puncak gunung itu terbilang rawan karena berpasir dengan kanan kiri adalah jurang.

Pendaki Irlandia jatuh di jurang Gunung Rinjani (Foto: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani)

“Semeton Rinjani, mendakilah dengan aman dan nyaman. Perhatikan areal sekitar ketika kaki akan berpijak untuk mengambil langkah, dan kami himbau untuk para pendaki yang akan melakukan pendakian ke puncak untuk membawa logistik dan air minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi yang menyebabkan fokus berkurang,” keterangan BTNGR.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version