Minggu, Juni 30


Jakarta

Seorang pendaki gunung asal California berhasil diselamatkan setelah terdampar selama 10 hari. Ia bertahan hidup dengan hanya memakan buah beri dan air yang dikumpulkan di dalam sepatu botnya.

Mengutip BBC, Rabu (26/6/2024), pendaki itu Lukas McClish (34). Dia mendaki gunung dengan perkiraan hanya selama tiga jam di Pegunungan Santa Cruz pada tanggal 11 Juni. Tetapi, ia tersesat tak lama setelah masuk hutan.

Ia tersesat karena sebagian tanda penunjuk telah rusak akibat kebakaran hutan baru-baru ini di daerah tersebut.


Keluarganya melaporkan bahwa ia hilang pada tanggal 16 Juni setelah tidak muncul pada Hari Ayah, yang memicu upaya pencarian dan penyelamatan selama beberapa hari.

McClish ditemukan pada hari Kamis setelah sebuah pesawat tak berawak dari Kantor Sheriff Santa Cruz melihatnya.

Dalam sebuah postingan di X, Cal Fire San Mateo, yang membantu upaya penyelamatan, mengatakan bahwa ada “beberapa laporan dari para saksi yang mendengar seseorang berteriak minta tolong, tetapi lokasi orang tersebut sulit untuk ditentukan”.

Mereka mengatakan bahwa McClish ditemukan di hutan antara Empire Grade Road dan Big Basin Highway di Santa Cruz County.

Dia ditemukan tanpa luka parah dan telah dipersatukan kembali dengan keluarganya, kata Kantor Sheriff Santa Cruz County.

“Ini benar-benar merupakan upaya tim dengan hasil terbaik yang bisa kami harapkan,” kata kantor sheriff.

Dalam sebuah wawancara dengan outlet ABC News, McClish mengatakan bahwa ia pergi mendaki gunung pada hari itu dengan “hanya mengenakan celana panjang, sepatu hiking, dan topi”.

“Saya membawa senter, dan gunting lipat, seperti alat Leatherman. Hanya itu saja,” dia menambahkan.

Dia mengatakan bahwa dia bertahan hidup dengan meminum air dalam jumlah besar, yang dia ambil dari air terjun menggunakan sepatu botnya.

“Saya hanya memastikan bahwa saya minum satu galon air setiap hari, tetapi kemudian setelah itu, mendekati akhir, tubuh saya membutuhkan makanan dan semacamnya,” kata dia.

McClish mengatakan bahwa cobaan berat itu membuatnya “lelah dan sedikit sakit”. Ia merasa terharu melihat semua tim penyelamat yang mencarinya.

“Sungguh rendah hati dan saya tidak tahu, ini adalah pengalaman yang luar biasa,” kata McClish, menambahkan bahwa ia mungkin tidak akan pergi ke hutan belantara untuk sementara waktu.

“Saya sudah cukup mendaki gunung selama sisa tahun ini,” katanya.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version