Sabtu, September 28

Jakarta

Penggemar roti sering membeli roti di toko atau supermarket. Namun, sebelum membeli, sebaiknya perhatikan kondisinya karena bisa jadi buruk akibat 5 faktor ini.

Beberapa orang mungkin lebih menggemari roti daripada nasi. Biasanya dinikmati saat sarapan atau jadi camilan.

Penikmat roti akan sering membeli roti di toko roti atau bakery. Meskipun roti mudah didapat, tetapi ketika membelinya ada faktor yang perlu diperhatikan. Faktor-faktor ini patut dipertimbangkan.


Sebab, tidak semua roti dijual dalam keadaan dan kualitas baik. Sekalipun dibuat dengan bahan berkualitas, beberapa faktor bisa menyebabkan roti tersebut kondisinya memburuk. Oleh karena itu, penting untuk melihat label kemasan dan kondisi roti sebelum membelinya.

Melansir food.ndtv.com (24/04/2024), berikut 5 hal yang perlu diperhatikan saat membeli roti.

1. Cek kandungan gula

Sebaiknya mengecek kandungan gula terlebih dahulu sebelum membelinya. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Proses pembuatan roti memerlukan sejumlah gula untuk mengaktifkan ragi. Oleh karena itu, setiap kali membeli roti, jangan sampai lupa periksa tambahan gula dalam bentuk apapun pada label.

Sebab, roti buatan pabrik seringkali menggunakan gula berlebih. Gula tersebut bisa dalam bentuk sari tebu, madu, atau pemanis lainnya. Biasanya gula juga ditambahkan untuk menjaga kelembapan roti.

2. Periksa kadar garam

Selain gula, penting juga untuk mengecek kandungan garam. Foto: Getty Images

Sama seperti gula, kamu juga perlu memperhatikan garam yang terkandung di dalam roti. Beberapa merek seringkali menambah lebih banyak garam daripada yang dibutuhkan. Biasanya produsen menambahkannya untuk meningkatkan rasa, sehingga membuatnya bertindak seperti bahan tambahan.

Menurut laporan Michigan State University, di dalam roti tidak boleh mengandung lebih dari 100-200 mg sodium. Periksalah label untuk mengetahui kandungan garam di dalam roti.

3. Lihat bahan lainnya

Roti dibuat dalam berbagai macam variasi dan rasa. Mulai dari roti cokelat, roti gandum, hingga roti isi abon atau sosis. Jenis-jenis roti seperti ini mungkin enak, tetapi kamu tidak bisa menganggapnya sebagai pilihan sehat.

Ahli gizi Richa Gangani menyebut pabrik roti seringkali menambahkan jenis tepung lain agar roti lebih enak dan hemat biaya. Karenanya kamu perlu memeriska bahan-bahan di balik pembuatan roti.

Sebab, bisa jadi roti yang disebut terbuat dari gandum utuh ternyata tidak 100% murni dari bahan itu saja.

Faktor lain yang harus diperhatikan sebelum membeli roti bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Menyantap Roti Sisir Lembut Ditemani Segelas Cokelat Hangat
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version