Senin, September 30


Jakarta

Berita terpopuler pada hari kemarin membahas tentang warga yang menggali sebuah batu keramat. Kemudian, ia malah jadi penemu.

Ia menemukan bebatuan objek diduga cagar budaya (ODCB). Benda itu ditemukan di kebun warga di Dukuh Tawangsari, Desa Ringinlarik, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali.

Di antaranya ada yoni dan fragmen arca kecil yang hanya tersisa telapak kaki dan landasannya. Selain itu juga bebatuan bangunan candi.


“Dari dulu cerita simbah-simbah di sini ada candi. Tapi di mana tidak tahu. Saya mencari, ada tumpukan batu saya gali, menemukan itu (yoni),” kata Narno Sukamto, warga Dukuh Tawangsari, Desa Ringinlarik, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, ditemui di lokasi penemuan Kamis (26/9).

Yoni dan bebatuan candi yang diduga benda cagar budaya itu, berada di kebun belakang rumah Yoto Kirman. Dari pantauan detikJateng di lokasi, bebatuan candi berada di kebun ini. Fragmen arca kecil yang hanya tersisa telapak kaki dan landasannya, tampak ditaruh di atas yoni tersebut.

Kemudian di sisi utaranya, di bawah rumpun bambu terdapat bebatuan yang diperkirakan merupakan pagarnya. Di kebun itu juga ada tumpukan terakota pipa saluran kuno yang terbuat dari gerabah atau tanah liat, diperkirakan bekas digunakan sebagai pipa saluran air pada zaman dahulu.

Narno mengemukakan berdasarkan cerita dari orang tua dahulu di dukuh ini ada bangunan candi. Penasaran, dia pun mencari candi tersebut. Di kebun pekarangan rumah Yoto Kirman, terdapat tumpukan batu yang diduga bagian dari candi.

Berikut 10 berita terpopuler detikTravel pada hari kemarin:

(msl/msl)

Membagikan
Exit mobile version