Minggu, September 29


Sumedang

Aksi warga mengembalikan sampah yang dibuang sembarangan oleh warga lain di Desa Cinanjung, Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat, viral di media sosial. Peristiwa itu ternyata merupakan bentuk sanksi sosial ke pembuang sampah sembarangan.

Dilansir detikJabar, Selasa (18/6/2024), peristiwa itu terjadi pada Minggu (16/6) kemarin. Salah satu warga, Hermawan, mengatakan masyarakat sekitar sudah geram karena sering ada yang membuang sampah sembarangan.

“Kenapa kita melakukan seperti itu karena masyarakat Banyumukti itu sebenernya sudah geram sejak lama ada lah setahun ke belakang sudah lama sering banyak sampah di sini, kita sebagai warga Banyumukti sering sekali membakar sampah di situ tapi ada lagi aja terus sampahnya,” ujar Hermawan di Dusun Banyumukti.


Hermawan mengatakan sudah ada pemberitahuan agar tidak membuang sampah di wilayah tersebut. Namun, masih banyak warga yang kerap membuang sampah sembarangan.

Hermawan mengatakan warga akhirnya mengetahui siapa yang membuang sampah sembarangan dari bungkus belanja online. Pada bungkus paket yang dibuang, masih tertulis nama serta alamat dari pemilik sampah. Warga lalu mendatangi rumah warga untuk mengklarifikasi. Hermawan mengatakan warga tersebut mengakui bahwa sampah tersebut miliknya sehingga warga lain datang dan membuang sampah di halaman rumah pembuang sampah sembarangan itu.

“Awalnya tidak mengaku tapi katanya yang buang suaminya, kebetulan suaminya kalau kerja selalu lewat sini otomatis sampahnya punya dia. Apalagi bukti kuatnya itu ada sampah bekas paket dan di dalam resinya itu atas nama dia sama alamatnya,” jelasnya.

Simak selengkapnya di sini.

Tonton juga Video: Aksi Warga Sumedang Kembalikan Sampah yang Dibuang Sembarangan Pemiliknya

[Gambas:Video 20detik]

(haf/imk)

Membagikan
Exit mobile version