Minggu, September 29


Jakarta

Pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen terus dikebut. Tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini ditargetkan akan selesai pada triwulan-I 2025.

Kantor Staf Presiden (KSP) memantau pembangunan proyek jalan tol tersebut dengan melaksanakan verifikasi lapangan. Tenaga Ahli Utama KSP Ratna Dasahasta menyampaikan konstruksi telah berjalan secara simultan pada seksi 1 dan 6.

“Kita upayakan percepatan, agar roda perekonomian dan aktivitas pariwisata di wilayah ini bisa bergerak semakin cepat,” kata Ratna dalam keterangan tertulis, Jumat (21/6/2024).


Ratna menjelaskan ruas jalan tol ini akan terhubung dengan jalan tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo yang dibangun secara paralel. Per 22 Mei 2024, progres fisik di wilayah Yogyakarta sudah mencapai 56,66%.

“Kami optimis pembangunan akan sesuai target,” imbuhnya.

Dia pun berharap pembangunan jalan tol ini semakin memperlancar arus distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di selatan Pulau Jawa. Pasalnya, jalan tol tersebut dapat mempercepat akses perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta, yang sebelumnya 3 jam dapat menjadi 1,5 jam saja.

Adapun terkait bangunan Cagar Budaya Ndalem Mijosasran, di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman yang terkena Proyek Jalan Tol Yogyakarta – Bawen, Ratna menyebutkan sudah ada kesepakatan dengan pihak yang bersangkutan. Dia bilang telah dilakukan melalui musyawarah ulang pada 7 Juni 2024 lalu.

“Pada prinsipnya, pengembang tol akan memperhatikan aspek sosial budaya, terutama yang menjadi kekhasan DIY itu sendiri,” terangnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Yogyakarta – Bawen sepanjang 76,3 km terdiri dari enam seksi. Yakni, seksi 1 Yogyakarta – Banyurejo, seksi 2 Banyurejo – Borobudur, seksi 3 Borobudur – Magelang, seksi 4 Magelang – Temanggung, seksi 5 Temanggung – Ambarawa, seksi 6 Ambarawa – Bawen, dengan pengelolaan di bawah BUJT PT Jasa Marga Jogja Bawen. Nantinya, Jalan Tol Solo – Yogyakarta maupun Yogyakarta – Bawen akan terhubung dengan jaringan Jalan Tol Trans Jawa di Kartasura dan Bawen.

(rrd/rir)

Membagikan
Exit mobile version