Jumat, Oktober 25


Jakarta

Pecinta olahraga gunung dibuat takjub dengan pemecahan rekor yang dilakukan pendaki bernama Michelino Sunseri. Setelah diusut, ternyata dia memotong jalur lari.

Dikutip dari National Parks Traveler, Rabu (23/10/2024) Michelino Sunseri memecahkan rekor untuk mendaki dan menuruni Grand Teton, AS dalam waktu 2 jam, 50 menit, dan 50 detik pada awal September lalu. Tak lama setelah prestasinya dipublikasikan, terungkap bahwa Sunseri telah memotong jalan berkelok untuk bermanuver di sekitar pendaki, yang membuatnya didiskualifikasi dari penetapan Waktu Tercepat yang Diketahui (FKT) secara resmi.

Ini bukan pertama kalinya seorang atlet gunung elit mencoba menetapkan FKT di Grand Teton dengan memotong jalan berkelok dalam prosesnya. Kilian Jornet, salah satu pendaki gunung terbaik dunia dan pelari lintas alam jarak jauh, juga memotong jalan berkelok di Grand pada tahun 2012 dalam upayanya untuk menetapkan rekor kecepatan gunung.


Komunitas lari di Wyoming tidak senang dengan larinya di luar jalur dan penjaga taman di Taman Nasional Grand Teton ikut campur. Tak lama setelah Jornet berlari, penjaga hutan memasang peringatan di jalur Grand Teton bahwa mereka akan memberi tilang kepada siapa pun yang ketahuan memotong jalan berkelok di gunung.

Di masa sekarang, penjaga hutan Taman Nasional Grand Teton mengonfirmasi bahwa mereka tak hanya memberi Sunseri surat tilang. Taman juga membawa masalahnya ke pengadilan, dan menuduhnya mengabaikan rambu-rambu tersebut dan memotong jalan berkelok.

Bagian jalur yang dipotong Sunseri menghubungkan Garnet Canyon dengan Lupine Meadows, jalan berkelok terbesar di turunan.

Tak hanya diseret ke pengadilan, Sunseri yang juga atlet The North Face juga ‘dihukum’ di mana perusahaan ini menghapus gambar pendakian Sunseri dari saluran media sosial mereka setelah muncul tekanan tentang promosi aktivitas ilegal. Itulah sebabnya taman menanggapi tindakan Sunseri dengan sangat serius.

“Itu adalah pelanggaran peraturan NPS yang sangat jelas, dibagikan secara terbuka oleh influencer dan atlet yang disponsori ini terkait dengan upayanya untuk mencapai target waktu tercepat yang diketahui,” kata petugas informasi publik Emily Davis.

Memotong jalan berkelok adalah pelanggaran ringan yang dapat dikenai denda sebesar $5.000 atau 6 bulan penjara. Sunseri harus hadir di pengadilan pada tanggal 19 November

(sym/fem)

Membagikan
Exit mobile version