Jakarta –
Seorang wanita melakukan eksperimen saat pesan makan online. Ia memesan makanan dari tiga aplikasi ojek online berbeda demi mengetahui mana yang paling cepat sampai.
Kehadiran aplikasi pesan antar makanan memudahkan banyak orang yang sedang mencari makan tetapi malas atau memang tidak punya waktu luang untuk beli langsung.
Terdapat berbagai macam aplikasi pesan antar atau ojek online yang hadir saat ini. Biasanya di setiap negara juga punya aplikasi andalan.
Meskipun semua menawarkan jasa serupa, tetapi bisa jadi pelayanan dan kecepatan yang diberikan berbeda. Satu aplikasi mungkin menawarkan harga lebih murah dan proses pengantarannya cepat. Di sisi lain ada juga aplikasi yang harganya lebih mahal dan lebih lama.
Untuk menemukan mana aplikasi ojek online paling cepat, belum lama ini seorang siswa wanita melakukan eksperimen.
Eksperimen yang dilakukan oleh siswa di Indian School of Business (ISB) membandingkan tiga aplikasi paling populer di India. Mulai dari Blinkit, Zepto, dan Swiggy Instamart, lapor munsifdaily.com (07/01/2025).
Sneha dan temannya Aryan memesan produk berbeda dari ketiga aplikasi tersebut untuk membuktikan apakah estimasi waktu yang ditetapkan aplikasi tersebut sesuai dengan fakta di lapangan atau tidak.
Menurut laporan, Sneha dan Arya memesan Sid farm’s milk di aplikasi Swiggy Instamart, Milky Mist Paneer di aplikasi Zepto, dan bar protein Super You and Whole Truth di aplikasi Blinkit.
Eksperimen ini menunjukkan hasil mengejutkan. Aplikasi Zepto yang memberikan janji bahwa proses pengantarannya 10 menit, faktanya malah 30 menit. Ketika dikonfirmasi dengan sopir ojek online dari Zepto, ternyata hal ini disebabkan oleh jarak dari gerai makanan ke kampusnya yang cukup jauh.
Pesanan makan yang pertama kali datang dari aplikasi Blinkit. Foto: X @itspsneha
|
Di sisi lain, Blinklt jadi pemenangnya karena pesanan datang paling pertama, disusul dengan Swiggy Instamart di posisi kedua.
Sneha mendokumentasikan eksperimen tersebut dengan video, lalu membagikannya di aplikasi X dalam akun @itspsneha.
Dalam unggahan tersebut ia menulis keterangan, “Melakukan percobaan ini di ISB Campus lol.”
|
Unggahan ini menarik perhatian netizen online. Sebagian orang teringat kembali dengan pengalaman serupa ketika mendapati pengiriman mereka tertunda atau sampai lebih awal.
Para netizen juga membagikan pengalaman mereka yang sudah pernah memesan makanan dari ketiga aplikasi tersebut.
Seorang netizen berkomentar, “Selama saya tinggal di Delhi, Swiggy Store yang jaraknya hanya 10 menit dari tempat saya tinggal, tetapi letak lokasi di maps yang salah dan tidak akurat membuat pesanan saya sampai dalam waktu 20 menit. Ini membuat saya frustrasi.”
|
Netizen lain juga mengutarakan pengalamannya yang pernah memesan makanan atau produk di Blinkit dan Swiggy dimana pesanannya datang 30 menit sebelum waktu dijanjikan.
Ia berkomentar, “Sebelumnya saya agak memikirkan pendekatan konservatif mereka dalam menjanjikan dan memberikan layanan. Mirip dengan apa yang pernah saya dilakukan oleh Zomato. Selalu menciptakan pengalaman menyenangkan karena pesanan diantar 30 menit sebelum waktu dijanjikan.”
Di sisi lain, percobaan ini juga membuat netizen membicarakan tentang efisiensi, keakuratan, dan pengalaman pelanggan terhadap layanan ini di India. Seiring berkembangnya aplikasi pesan antar populer, menunjukkan bahwa persaingan untuk mendapat kecepatan dan ketepatan dalam pengiriman akan semakin ketat.
(aqr/adr)