Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Seorang pelanggan meluapkan rasa kesalnya kepada pelayan di restoran. Pelanggan ini sampai tega tidak memberinya tip karena pesanan makannya sangat kacau!

Budaya pemberian tip di restoran-restoran Amerika Serikat memang telah menjadi sebuah keharusan. Biasanya pelanggan akan memberikan tip dengan nominal beberapa persen dari total tagihan makan keseluruhan.

Meskipun budaya pemberian tip sangat lumrah dan sebagian besar warga lokal melakukan hal itu, tetapi ada juga mereka yang sengaja tidak memberikan tip ke pelayan. Alasannya beragam, salah satunya karena pelayan tidak bekerja dengan benar.


Belum lama ini seorang wanita secara frontal mengungkap bahwa dirinya tidak memberi tip ke pelayan di sebuah restoran. Melalui unggahan video di TikTok, wanita itu menjelaskan alasannya.

Ia makan di restoran Applebee’s, yang terkenal sebagai restoran keluarga di Amerika sejak tahun 1980. Di restoran tersebut ia memesan sejumlah hidangan

Sayangnya, sejak awal datang, pelanggan ini sudah merasakan ada hal mengganjal. Kondisi restoran saat itu sedang tidak sibuk, tetapi butuh waktu 15 menit bagi pelayan untuk datang ke mejanya dan menanyakan makanan apa saja yang ingin dipesan.

Namun, wanita ini melihat, pelayan restoran itu tidak menuliskan apapun ketika mereka pesan. Dirinya tidak masalah jika memang pelayan bisa menghafal pesanan pelanggan, tetapi faktanya, pelayan itu melakukan kesalahan.

Pelanggan ini kesal karena pelayan melakukan banyak kesalahan. Foto: TikTok @parkthatcarson

Pelanggan ini semakin kesal ketika pelayan datang membawakan minuman yang salah untuk salah satu orang yang ada di mejanya. Ketika wanita ini memberitahu kesalahan tersebut, pelayan justru bersikeras menganggap minuman yang dibawa benar, lapor twistedsifter.com (08/10.2024).

“Jadi makanan kami akhirnya keluar, dan itu salah. Saya bertanya-tanya apakah itu karena ia tidak menuliskan apa pun,” jelasnya.

Bukan hanya soal pelayanan yang buruk, tetapi wanita ini telah melihat sikap pelayan lain yang menurutnya juga tidak pantas.

Menurut wanita ini, ada pelayan lain yang bertanya kepada seorang pelanggan apakah mereka bisa memindahkan mobilnya. Sebab, pelayan itu tidak ingin memundurkan mobilnya.

Keburukan demi keburukan terus terlihat dari pelayan restoran tersebut. Wanita ini juga bercerita jika pelayan tidak mengisi ulang minuman selama 20 menit.

Pesanan makannya juga tidak pernah muncul di meja. Sampai saat proses pembayaran pun wanita ini harus meminta struk tagihan dua kali karena yang pertama tidak sesuai.

“inI sangat buruk. Saya tidak mau memberinya tip,” jelas wanita itu.

Melihat sikap pelayan restoran Applebee’s yang seperti ini, wanita itu pun enggan memberi tip. Ia mengungkap total tagihan makannya mencapai $51.36 atau sekitar Rp 802.000.

Dirinya pun membayar dengan uang pas pasan, sebesar $52 (Rp 812 ribu), dimana hanya ada sedikit sekali sisa kembalian yang akan didapat pelayan itu.

Applebee’s merupakan salah satu restoran keluarga yang terkenal di Amerika. Foto: TikTok @parkthatcarson

Unggahan ini menarik perhatian banyak netizen di TikTok. Tidak sedikit netizen merasa sikap pelayan yang diceritakannya memang tidak sopan.

Seorang netizen sudah bisa melihat tanda bahaya ketika pelayan itu tidak menuliskan pesanan pelanggan.

“Tidak menuliskan pesanan apapun sudah menjadi salah satu tanda bahaya,” ujar netizen ini.

Netizen lain juga memberi saran agar pelanggan itu setidaknya memanggil manajer restoran untuk melaporkan sikap pelayan ini.

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version