Senin, Juli 8


Jakarta

Kijang Innova terlibat kecelakaan maut di Tol Batang. Ini pelajaran yang bisa diambil dari insiden tersebut.

Kecelakaan maut akibat menabrak bagian belakang truk terjadi lagi. Kali ini kecelakaan melibatkan Kijang Innova dengan nomor polisi K 1629 GN di Tol Batang Km 362+200 Jalur A. Dikutip detikJateng, kecelakaan bermula saat Kijang Innova yang berisi enam orang berjalan dari arah Jakarta menuju Semarang di lajur kiri. Mobil itu kemudian menabrak truk yang ada di depannya.

“Kondisi jalan agak menikung, datar, arus lalu lintas sedang. Sesampainya di TKP diduga pengemudi mengantuk sehingga menabrak Truk Hino yang berjalan searah di depannya di lajur kiri,” ujar Kasat Lantas Polres Batang, AKP Wigiyadi.


“Mobil Innova kemudian oleng dan menabrak truk bagian belakang,” jelasnya.

Akibat kecelakaan itu, tiga orang meninggal dunia. Sementara pengemudi Innova masih dalam pemeriksaan petugas kepolisian di Unit Gakkum Satlantas Polres Batang.

“Pengemudi Innova yakni BS, masih kita lakukan pemeriksaan di Unit Gakkum. Untuk penyebab diduga mengantuk dan kurang konsentrasi saat mengemudi,” jelasnya.

Pelajaran dari Kecelakaan Innova di Tol Batang

Dari kecelakaan itu ada satu hal yang penting bisa dipelajari agar kejadian serupa tak terulang. Perlu dipahami, mengantuk saat mengemudi jelas membahayakan. Jadi kalau kondisi kamu mengantuk, tak perlu memaksakan diri untuk berkendara. Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana pernah menjelaskan bahwa mengemudi dalam keadaan mengantuk akibatnya sangat fatal.

“Mengemudi adalah aktivitas mengontrol kendaraan yang bergerak. Dibutuhkan konsentrasi dan fokus dari pengemudinya dan ini berhubungan dengan fungsi otak,” jelas Sony.

“Saat ngantuk, si otak lagi rest, sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya, nah ini proses berpikirnya hilang,” tambah Sony.

Sony mengatakan, mengemudi dalam kondisi mengantuk sekalipun kecepatan 50 km/jam dan tiba-tiba menghantam obyek di depannya akan berakibat fatal dan menyebabkan korban nyawa.

“Pengemudi ngantuk tidak dapat berpikir untuk bereaksi menghindar, pasti mereka yang ada di dekatnya jadi korban. Rata-rata kejadian kecelakaan akibat ngantuk itu ada korban nyawa,” tegas Sony.

Bila kamu tengah berkendara dalam perjalanan jauh dan kondisi tiba-tiba mengantuk, sebaiknya tidak memaksakan diri. Cari rest area terdekat untuk beristirahat hingga tubuh bugar lagi. Jangan lupa konsumsi makanan sehat agar badan tetap sehat selama perjalanan.

Saksikan Live DetikPagi:

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version