Senin, Oktober 7


Jakarta

Kontes tahunan beruang gendut atau Fat Bear Week di Alaska telah dimulai. Baru juga dihelat, salah satu kontestan terbunuh oleh saingannya.

Mengutip BBC, Minggu (6/10/2024), kompetisi yang dimulai sejak satu dekade lalu itu memungkinkan para penonton untuk memilih beruang cokelat favorit. Hewan-hewan yang pentas di ajang itu akan menggemukkan badannya dengan melahap ikan salmon sebagai persiapan menghadapi musim dingin.

Namun, permulaan kontes beruang gendut 2024 tertunda selama sehari setelah seekor beruang betina terbunuh oleh seekor beruang jantan pada hari Senin (30/9).


Detik-detik beruang itu mati terekam dalam sebuah video. Karena kamera-kamera telah disiapkan untuk melihat kontes ini, yang disiarkan langsung ke seluruh dunia setiap tahun.

Para pemilih dapat memilih di antara selusin kontestan untuk memperebutkan mahkota Beruang Gendut di Taman Nasional Katmai, Alaska.

Namun, sebuah hal yang tidak menyenangkan terjadi pada acara tahun ini ketika salah satu kompetitor, beruang bernomor 402, dianiaya secara fatal oleh beruang 469 di Sungai Brooks dengan alasan yang belum diketahui secara pasti.

“Taman nasional seperti Katmai tidak hanya melindungi keajaiban alam, namun juga kenyataan pahitnya,” ujar pihak Katmai National Park and Preserve dalam sebuah pernyataan.

“Setiap beruang yang terlihat di kamera pengintai berkompetisi dengan beruang lainnya untuk bertahan hidup,” katanya.

Beruang cokelat dari taman nasional ini melahap puluhan salmon setiap hari di sepanjang Sungai Brooks dengan tujuan menggemukkan badan sebelum musim dingin.

Sebanyak 12 beruang dipilih untuk mengikuti Pekan Beruang Gemuk dan para penggemar dapat memberikan suara secara online untuk menentukan pemenangnya.

Di antara para kontestan tahun ini terdapat juara tahun 2023, Grazer, yang merupakan seekor induk yang sedang membesarkan anaknya yang pertama.

Runner-up tahun lalu, Chunk, belum berhasil meraih gelar tersebut.

Selama 10 tahun terakhir, kompetisi itu berkembang dari acara satu hari dengan 1.700 suara menjadi perayaan selama seminggu di seluruh dunia.

Hampir 1,4 juta suara diberikan dari lebih dari 100 negara pada tahun 2023, menurut Katmai Conservancy dan Explore.org, yang membantu mengorganisir acara tersebut.

Para penggemar dapat memberikan suaranya di situs web Explore.org setiap hari dalam kompetisi yang berlangsung selama tujuh hari ini. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 8 Oktober.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version