Sabtu, Juli 6

Jakarta

Zhang Zhi Jie, pebulutangkis tunggal putra asal China, meninggal dunia saat berlaga di Badminton Asia Junior Championships 2024 di Yogyakarta.

Dilansir dari detiSport, Zang sempat pingsan saat bertanding melawan Kazuma Kawano asal Jepang pada fase grup yang digelar di GOR Amongprogo, pada Minggu malam (30/6/2024). Sempat dibawa ke rumah sakit, Zhang menghembuskan nafas terkahirnya pada pukul 23.20 WIB.


“Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup lawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit,” ujar pihak Bandminton Asia dan PBSI dalam pernyataan resmi.

“Badminton Asia, PBSI, dan panitia penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga, dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA).”

“Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat.”

Ucapan duka meninggalnya Zhang Zhi Jie membanjiri media sosial. Namun beberapa menyoroti lambatnya penanganan medis.

“Rest in peace Zhang Zhi Jie. The world has lost a future star athlete. May he rests in peace. Ini pentingnya tim medis yg proper. Dari dulu cabor ini sering sepele soal ini. Jangan sampai ada korban lagi. Pas awal kelihatan gak secepat itu ada tindakan pdhl jelas pingsan,” kata @stefanyvonne.

“Ngeliat videonya pertama kali tadi malam itu geregetan, medisnya lama banget nyamperin, mungkin ada kurang lebih 1 menit medis baru nyampe lapangan, ntah di mana posisi medis diletakkan sampai pemain collapse ga keliatan (sepertinya), pelajaran juga buat panitia ya,” ujar @dearpupies.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun.. Semoga menjadi pelajaran & penyadaran pentingnya kemampuan memberikan bantuan hidup dasar, bukan hanya tenaga medis tetapi juga masyarakat awam. Kolaps mendadak spt ini hanya berjarak 5-10 menit dengan kematian. Pentingnya masyarakat peduli,” tutur @1christyaji.

“Dengan adanya kasus ini, tolong buat @bwfmedia SOP nya direvisi, ketika benar benar darurat seperti ini tidak usah nunggu umpire angkat tangan dan tolong jadwal pertandingannya diperbaiki,” usul @Cpiee_.

“Innalillahi wa innailaihi raji’un. RIP Zhang Zhi Jie. 🥲🥀Tragedi ini adalah pengingat yang kuat bagi semua pemangku kepentingan dalam bulu tangkis untuk melakukan perbaikan besar dalam protokol medis dan penjadwalan tur untuk mencegah kasus serupa di masa depan Belasungkawa yang mendalam untuk keluarga dan seluruh tim CBA🙏,” ujar @idhamf93.

Simak Video ‘Kronologi Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal Setelah Kolaps di AJC’:

[Gambas:Video 20detik]


(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version