Selasa, Oktober 15


Jakarta

Paula Verhoeven sedang berproses memperdalam perjalanan spiritualnya. Di tengah kondisi rumah tangga yang tak baik-baik saja, Paula Verhoeven bicara soal titipan dan belajar nggak bergantung dengan manusia.

Dalam tayangan Rumpi: No Secret Vacation Spesial Umrah, Feni Rose bertanya kepada Paula Verhoeven soal ucapannya di salah satu channel YouTube. Paula bicara tentang perempuan itu penting untuk mandiri.

Hidup mandiri dikatakan menjadi salah satu cara untuk menjauhkan rasa sakit dan kecewa.


“Sebenarnya itu banyak maknanya, dari hal kayak karyawan aja, orang-orang yang kerja sama kita aja suka mengecewakan kita banyak ya. Terlepas dari kita mengoreksi diri sendiri. Terkadang kita udah kasih mereka, sebagai manusia sudah kasih lebih. Pelajaran yang aku dapat dari situ adalah, apa yang sudah kita kasih harus kita lupain,” kata Paula Verhoeven, Sabtu (12/10/2024).

Mantan supermodel itu mengatakan seringkali sebagai manusia sudah merasa baik kepada seseorang. Akan tetapi, orang yang diperlakukan baik tidak memberikan balasan yang baik juga dan itu bisa memunculkan rasa kecewa.


“Kita merasa sudah baik, tapi ternyata nggak dapat balasan baik. Aku belajar untuk nggak bergantung sama perasaan orang lain. Aku belajar nggak boleh bergantung sama manusia. Kita hanya boleh menggantungkan diri kita ke Allah, udah gitu aja,” ucapnya.

Merasa dikecewakan atau mengecewakan diakui Paula Verhoven juga pernah dia rasakan. Banyak mendengar nasihat dari para ulama, membuat Paula Verhoeven menyadari semua yang ada padanya sekarang hanyalah titipan.

“Semua itu titipan, anak juga titipan, tapi anak itu berat ya. Tapi tetap harus kita latih dari hal-hal kecil-kecil, kita nggak boleh menggantungkan hati kita ke ke manusia, kita harus menggantungkan ke Allah,” tuturnya.

“Misalnya, kita sama sahabat, kita sudah biasa ini itu ke orang lain, kita nggak boleh bergantung sama orang lain. Kalau orang itu pergi, nggak bisa bantuin kita, muncul rasa kecewa. Nah, itu kan nggak boleh, perasaan itu yang perlu kita latih,” ungkap ibu dua anak itu.

Paula Verhoeven yang saat ini sudah berhijab, mengatakan bicara soal iman dirinya mengakui masih ada naik dan turun. Sebagai manusia yang masih terus belajar, Paula Verhoeven merasa wajib meningkatkan keimanan dengan berada dalam lingkungan positif.

“Iman itu up and down, kalau kita nggak upgrade kita juga lupa. Makanya kita harus dikelilingi dengan likungan positif karena lingkungan itu pengaruh, kalau lingkungan kita kompor, otomatis kita nggak adem,” ucapnya.

“Aku ngerasain kalau kita curhat sama orang atau kita makin emosi dan panas kita harus setop ngobrol sama orang itu. Tapi kebalikannya, kalau orang itu menenangkan hati kita, itu yang harus kita cari lingkungan seperti itu,” tukas Paula Verhoeven.

(pus/tia)

Membagikan
Exit mobile version