Jumat, Januari 3


Jakarta

Mobil bekas masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk memiliki kendaraan. Salah satu mobil yang menjadi incaran di pasar mobil bekas adalah Mitsubishi Xpander. Berapa pasaran harga Xpander dalam kondisi bekas dengan tahun muda?

Mitsubishi mengklaim Xpander masih memiliki resale value atau harga jual kembali yang tetap tinggi. Mitsubishi menyebut, Xpander memiliki penurunan harga jual kembali (resale value) yang lebih rendah.

Dilihat detikOto di situs jual beli mobil bekas, harga Mitsubishi Xpander Ultimate tahun 2023 masih di atas Rp 200 jutaan. Rata-rata penjual mobil bekas di situs jual beli online membanderol Xpander Ultimate 2023 dengan kisaran harga Rp 250 jutaan bahkan sampai Rp 280 jutaan.


Misalnya, untuk Xpander Ultimate warna putih tahun 2023, dibuka dengan harga Rp 257 juta. Kemudian, ada juga pedagang yang menjual Xpander Ultimate 2023 warna abu-abu dengan harga cash Rp 258 jutaan. Lalu ada lagi Xpander Ultimate 2023 yang dijual dengan harga cash Rp 280 juta.

Harga kemungkinan berbeda karena kondisi kendaraannya. Pembeli juga masih bisa melakukan negosiasi.

Tinggi atau rendahnya harga jual kembali sebuah mobil biasanya dipengaruhi beberapa faktor. Mitsubishi menyebut, harga jual kembali mobilnya tetap tinggi karena tak lepas dari program penjualan, improvement purnajual, penyajian produk, serta dukungan para pengguna Mitsubishi terhadap eksistensi merek Mitsubishi di Tanah Air.

Mitsubishi New Xpander hadir dengan beberapa pengembangan dan penyempurnaan. Mobil ini memiliki konsep “New Generation Crossover MPV” yang hadir lebih mewah dengan balutan kesan tangguh sekaligus modern. Xpander dilengkapi dengan fitur dan teknologi mutakhir, yang menunjang performa keseruan, kenyamanan, serta keselamatan berkendara baik untuk pengendara dan juga penumpang.

Mitsubishi Xpander dikembangkan melalui riset mendalam, diproduksi, dan diluncurkan dalam debut global pada tahun 2017 di Indonesia. Sejak saat itu, Xpander telah mendapatkan sambutan dari konsumen Indonesia.

“Xpander sudah berevolusi beberapa kali, setiap evolusi itu ada significant changes, mulai yang pertama dari matic ke CVT. Lalu yang kedua, dengan adanya Xpander Cross, Xpander itu jadi banyak input apa yang diinginkan oleh customer,” ujar Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

Secara eksterior, New Xpander hadir dengan desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors. Tampilan baru di depan terdapat pada New Front Bumper Design yang sekarang terlihat lebih modern, dipadukan dengan lampu depan yang memiliki bentuk T-Shape Headlight dan sudah menggunakan LED.

Di bagian belakang juga mendapat ubahan seperti pada desain bumper yang baru dan juga lampu belakang yang sama berbentuk T-Shape dengan LED. Bukaan pintu bagasi sudah menggunakan fitur Electric Switch Tail Gate Door Handle yang memudahkan saat membuka pintu bagasi.

Bagian samping terdapat Side Sill Garnish, dengan desain velg berukuran 17 inci Two Tone Alloy Wheel untuk tipe tertingginya yaitu Xpander Ultimate. Mitsubishi New Xpander saat ini mendapat tambahan fitur New Front 360 Camera (tipe Ultimate), New Rear Camera, New Side Mirror Camera, New Front Bumper Grille Design, New Rear Design, Rear Window Defogger.

“Fitur kamera 360 memberikan tambahan rasa aman bagi pengendara, karena dalam berkendara kamera 360 ini ibaratnya mata tambahan untuk driver. Dengan adanya pantauan dari berbagai arah, possibility mobil Xpander untuk terhindar dari kecelakaan, atau goresan, atau dari ancaman luar menjadi lebih kecil karena awareness driver semakin tinggi,” kata Rifat.

Di bagian interior, Xpander juga mendapat sentuhan yang lebih mewah. Berbagai sentuhan soft touch pada bagian kabin membuat Xpander tampil sebagai mobil keluarga nan mewah. Mulai dari dashboard yang sekarang desainnya mengusung gaya New Horizontal Axis Design Dashboard dengan lapisan kulit lembut, kemudian warna interior di varian tertinggi juga berubah. Lapisan soft touch juga terdapat pada door trim.

Untuk sistem hiburan juga mendapat ubahan signifikan dengan layer sentuh berukuran 8 inci yang memiliki koneksi smartphone. Tampilan panel instrument juga sekarang lebih modern, dan desain lingkar kemudi yang berubah lebih sporty dan memiliki fungsi audio switch dan juga cruise control.

Pengaturan AC di dalam kabin pun berubah menjadi digital, kemudian pada bagian konsol tengah mendapat tambahan arm rest dengan cup holder, dan tersedia colokan USB di depan dan bagian samping serta tempat untuk meletakkan uang elektronik.

Mitsubishi New Xpander terdapat fitur-fitur seperti: Tilt & Telescopic Steering, New Door Trim with Soft Touch and Real Stitches, New Meter Cluster Design with Opening Animation, Front Console Tray with Card Holder, USB Port, Power Outlet, and Wireless Charger, New CVT Transmission, New Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold BAH), New Floor Console with Arm Rest, Rear Usb Charging Port on Floor Console, KOS + Start Stop Engine Button (tipe Ultimate).

Sementara itu, Mitsubishi New Xpander memiliki transmisi CVT. Performa CVT New Xpander ini diklaim mampu memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

Transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4. Mesin itu menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6.000 RPM dengan torsi hingga 141 Nm pada 4.000 RPM.

Mitsubishi memberikan sistem keselamatan tertinggi untuk Xpander. Kini, Xpander dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar. Sistem pengunci pintu otomatis berdasarkan kecepatan juga tersedia di New Xpander. Ditambah lagi dengan adanya Electric Parking Brake dengan Brake Auto Hold di tipe Ultimate dan Sport. Sistem keselamatan lain seperti ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist sekarang sudah tersedia mulai dari dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

(rgr/dry)

Membagikan
Exit mobile version