Kamis, September 26


Jakarta

Tak Jauh dari Stasiun Jatinegara terdapat kawasan pasar loak legendaris di Jakarta. Pasar Loak Jatinegara atau Jembatan Item masih menjadi pilihan masyarakat untuk mencari barang-barang bekas.

Barang loak itu dijajakan di kios-kios tepi jalan. Bahkan, tumpah ke jalanan dengan lapak-lapak berderet-deret.

detikTravel menyambangi pasar loak itu yang beroperasi 24 jam itu saat petang. Dari pengamatan detikTravel, barang-barang yang dijual beragam. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, alat elektronik, mainan, aksesoris, hingga rilisan fisik.


Barang-barang di sana merupakan barang bekas masih layak pakai. Harganya relatif murah.

Salah satu pedagang dekat Masjid Jami Nurul Islam adalah Epen. Ia berjualan rilisan fisik musik seperti kaset, piringan hitam, dan CD di pasar loak ini sudah 15 tahun.

Dia mengawali aktivitas sebagai pedagang rilisan fisik dengan menjual koleksi pribadinya. Ya, rupanya dia mengoleksi kaset, piringan hitam dan CD sejak tahun 80-an. Lama-lama, ia memutuskan untuk mulai menjualnya.

“Pertama kali ya cuma (buat) didenger-denger doang, tapi karena udah banyak ya udah saya jadi dagang,” ujarnya kepada detikTravel, Senin (23/9/2024).

Ia biasa berjualan di tempatnya ini mulai setiap hari mulai pukul 05.00 atau 05.30 hingga 18.00 WIB. Harga barang yang ia jual pun begitu murah untuk satu kasetnya.

“Jual dari harga Rp 10.000 dapat tiga dan paling mahal Rp 15.000 lah dapet satu kaset,” kata dia.

Pasar Loak Jatinegara atau Jembatan Item masih jadi pilihan masyarakat untuk mencari barang kebutuhan. Mereka berburu barang bekas berkualitas. (Muhammad Lugas Pribady)

Sementara pedagang lainnya, Supri, yang menjual beragam barang, mengatakan biasa berdagang sesuai keinginannya. Berbeda dengan Epen yang menggelar lapak di pinggir jalan, Supri memiliki lapak khusus berupa toko kecil.

Epen bisa dengan leluasa menjajakan dagangannya hingga larut malam. Barang yang ia jual pun harganya beragam dari yang harganya Rp 5.000 hingga ratusan ribu menyesuaikan dengan barang dan kualitasnya.

Pasar Loak Jatinegara atau Jembatan Item masih jadi pilihan masyarakat untuk mencari barang kebutuhan. Mereka berburu barang bekas berkualitas. (Muhammad Lugas Pribady)

“Kalau untuk yang berdagang di sini jatuhnya 24 jam ya, jadi kita bukanya itu saling bergantian. Ada yang datangnya subuh, malam, sore, siang jadi kalau saya pribadi biasa buka dari 08.00 sampai sekitar jam 24.00 WIB,” kata dia.

Pasar Loak Jembatan Item itu berada di Jalan Bekasi Barat III, Jatinegara, Jakarta Timur. Jika ingin berkunjung ke pasar loaknya bisa datang kapan pun, hari biasa maupun akhir pekan dan tentunya perlu uang cash untuk bertransaksi di tempat ini karena tidak semua pedagang menyediakan layanan transfer.

(fem/fem)

Membagikan
Exit mobile version