Rabu, September 18

Jakarta

Misi penyelamatan masih berjalan untuk mencari enam penumpang yang hilang setelah kapal pesiar Bayesian tenggelam di perairan Sisilia, Italia pada Senin 19/8) kemarin. Keenam penumpang itu sudah diketahui identitasnya, berikut nama-namanya.

Saat insiden ini berlangsung, Bayesian membawa 22 penumpang dan awak. Satu orang ditemukan meninggal dunia yaitu juru masak Recaldo Thomas dari Antigua, sedangkan enam orang masih hilang dan 15 orang lainnya selamat. Salah satu penumpang yang masih hilang adalah Mike Lynch, juragan teknologi asal Inggris yang belum lama ini dinyatakan tidak bersalah terkait dugaan penipuan.

Sejumlah penumpang kapal Bayesian, termasuk yang masih hilang, terlibat dalam persidangan Lynch. Sejumlah media juga mengklaim perjalanan kapal pesiar itu merupakan perayaan atas bebasnya Lynch, seperti dikutip dari BBC, Rabu (21/8/2024).


Mike Lynch

Lynch adalah entrepreneur teknologi yang pernah disebut sebagai ‘Bill Gates-nya Inggris’. Dibesarkan di Essex, Lynch menempuh pendidikan tinggi di University of Cambridge sebelum mendirikan perusahaan software Autonomy pada tahun 1996.

Pria berusia 59 ini menjadi kaya raya setelah menjual Autonomy kepada Hewlett-Packard pada tahun 2011 senilai USD 11 miliar atau sekitar Rp 170 triliun. Namun akuisisi ini tidak berjalan lancar setelah HP menuduh Lynch melakukan penipuan. Setelah melewati rangkaian persidangan dalam satu dekade terakhir, Lynch dinyatakan tidak bersalah oleh juri pada Juni 2024.

Hannah Lynch

Hannah Lynch merupakan putri sulung dari Mike Lynch yang ikut dalam perjalanan ini dan masih hilang. Hannah yang berusia 18 tahun baru saja menyelesaikan A-Levels dan akan melanjutkan pendidikannya di Oxford University.

Jonathan Bloomer

Jonathan Bloomer merupakan chairman bank internasional Morgan Stanley dan perusahaan investasi Hiscox. Ia pernah menjadi saksi dalam perisdangan Lynch, dan sejumlah media mengatakan keduanya merupakan teman dekat.

Judy Bloomer

Judy, istri Jonathan Bloomer, juga termasuk salah satu penumpang yang masih hilang. Ia pernah menjabat sebagai direktur pengembang properti Change Real Estate bersama suaminya.

Chris Morvillo

Chris Morvillo adalah pengacara yang mewakili Lynch dalam persidangannya di Amerika Serikat. Sejak tahun 2011, ia sudah menjadi partner di firma hukum Clifford Chance di New York, AS.

Morvillo pernah menjabat sebagai asisten pengacara untuk distrik selatan New York dari tahun 1999 hingga 2005. Ia pernah terlibat dalam investigasi kriminal terkain serangan World Trade Center pada tahun 2021.

Neda Morvillo

Neda Morvillo, desainer perhiasan asal Amerika Serikat dan istri Morvillo, termasuk salah satu penumpang yang masih hilang. Neda Morvillo memasarkan perhiasan buatannya di bawah nama Neda Nassiri, dan menurut website-nya, ia sudah merancang perhiasan mewah di New York selama lebih dari 20 tahun.

Daftar korban selamat

Dari 15 orang yang diselamatkan, sembilan di antaranya adalah awak kapal pesiar. Delapan dari 15 orang yang diselamatkan sedang dirawat di rumah sakit.

Angela Bacares, istri Lynch, termasuk salah satu penumpang yang selamat. Ia merupakan pemilik kapal pesiar Bayesian yang tenggelam.

Beberapa penumpang lainnya yang selamat termasuk Charlotte Gulanski beserta pasangan dan putrinya, dan pengacara Ayla Ronald dan pasangannya. Gulanski merupakan partner di perusahaan Invoke Capital milik Lynch dan pernah bekerja di Autonomy.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version