Senin, September 16

Jakarta

Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, Paus Fransiskus akan meninggalkan Indonesia. Kita bisa memantau penerbangannya ke Papua Nugini secara real time.

Paus Fransiskus menyudahi perjalanan apostolik dan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, 3-6 September 2024. Sebelumnya dia sudah menuntaskan serangkaian agenda padat mulai dari bertemu Presiden Jokowi, berkunjung ke Masjid Istiqlal sampai dengan misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno.

Jumat (6/9/2024) Paus Fransiskus akan meninggalkan Indonesia dan melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Papua Nugini. Paus akan terbang menggunakan pesawat maskapai Garuda Indonesia seperti dikonfirmasi oleh Dirut Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.


Nah, seperti halnya penerbangan Paus dari Italia ke Indonesia, kita pun bisa memantau penerbangan pemimpin Vatikan ini dari Indonesia ke Papua Nugini. Caranya, tentu saja menggunakan aplikasi Flightradar24.

Informasi perjalanan Paus memang terbuka untuk publik, sehingga kita bisa dengan mudah mencarinya. Seperti diketahui dari suasana di Bandara Soekarno-Hatta, sebuah pesawat Garuda Indonesia sudah siap untuk menerbangkan Paus. Nomor registrasinya tercantum jelas PK-GHE.

Menurut Flightradar24, PK-GHE adalah pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A330-900 atau biasa disebut A339. Pesawat ini memakai kode penerbangan khusus GA7780 dengan rute Jakarta-Port Moresby. Ini adalah jenis pesawat yang sama dari ITA Airways yang dipakai Paus untuk terbang dari Roma ke Jakarta.

PK-GHE adalah pesawat komersil reguler milik Garuda Indonesia. Data dari Flightradar24 mencantumkan kalau pesawat ini pada 5 September 2024 kemarin masih dipakai membawa penumpang dari Jakarta-Denpasar dan Denpasar-Jakarta.

Cara melihat penerbangan Paus Fransiskus pakai Flightradar24:

  • Buka aplikasi Flightradar24 atau website flightradar24.com
  • Pada kolom Search masukan kode penerbangan GA7780 atau kode registrasi pesawat PK-GHE
  • Akan muncul informasi pesawat Garuda yang akan dipakai Paus Fransiskus. Jika ada tulisan ‘Live’ berarti pesawat sudah mengudara
  • Scroll ke bawah dan klik ‘Show on Map’
  • Kita pun bisa melihat posisi pesawat Paus Fransiskus secara real time di langit

Selamat jalan, Paus Fransiskus!

(fay/fyk)

Membagikan
Exit mobile version