Rabu, Juli 3


Jakarta

Gunungkidul memiliki segudang pantai eksotis dan hidden gem. Salah satu yang menarik adalah Pantai Sedahan yang juga sebagai tempat konservasi penyu.

Pantai Sedahan dapat menjadi alternatif wisata pantai di pesisir selatan Gunungkidul bagian timur. Pantai ini merupakan salah satu pantai di antara jejeran Pantai Jungwok hingga Dadapan yang seluruhnya berada di sisi timur semenanjung Wediombo.

Garis Pantai Sedahan tak sepanjang beberapa pantai di Gunungkidul yang lebih dulu populer. Namun, pantai ini memiliki hamparan pasir kuning yang luas dan kondisi yang masih asri. Berikut daya tarik, lokasi, rute, dan harga tiket Pantai Sedahan, dikutip dari situs resmi Visiting Jogja, Kalurahan Jepitu, dan Jurnal Bosaparis Universitas Pendidikan Ganesha.


Daya Tarik Pantai Sedahan

1. Hamparan Pasir Kuning

Pantai Sedahan sebenarnya memiliki garis pantai yang kecil sehingga pasir kuning pantai ini tidak terlihat terbentang. Namun, jika diukur dari bibir pantai ke arah dalam, pasir pantainya terbilang lebar dan menghampar.

Lebarnya pasir Pantai Sedahan membuat tempat ini biasa digunakan sebagai spot berkemah. Pengunjung tidak perlu risau dengan ombak karena bibir pantai berada jauh di depan, kecuali jika dalam kondisi pasang ekstrem.

2. Diapit Dua Bukit Ikonik

Di sebelah timur dan barat pantai ini terdapat tebing yang memanjang ke laut. Dari udara, kedua tebing ini terlihat membentuk lingkaran seolah seperti memeluk Pantai Sedahan.

Dua tebing di Pantai Sedahan itu terlihat hampir bertemu di tengah laut dan menyisakan sebuah bukaan atau sela untuk ombak masuk. Kondisi ini membuat sela kedua tebing itu tampak ikonik dan kerap digunakan sebagai latar berfoto.

3. Alam Bersih dan Asri

Kondisi alam Pantai Sedahan masih asri dan terus dijaga kebersihannya karena merupakan daerah konservasi penyu. Meski demikian, tidak setiap saat pengunjung dapat menemukan penyu di pantai ini.

Kondisinya yang masih asri membuat Pantai Sedahan sangat cocok untuk pengunjung yang mencari kesejukan alam. Di tempat ini juga cenderung sepi wisatawan sehingga pas untuk menemukan ketenangan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sedahan

Pantai Sedahan berlokasi di Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini terletak tak jauh dari Pantai Jungwok dan masih satu kawasan wisata Pantai Wediombo. Namun, rutenya amat berbeda dari kedua pantai itu.

Jika berkendara dari pusat Kota Jogja, Pantai Sedahan ini dapat ditempuh dengan jarak 70 kilometer ke arah tenggara. Perjalanannya melewati Wonosari dan terus ke Semanu, lalu berbelok ke selatan.

Ketika sudah melewati Pos Retribusi Kawasan Wisata Pantai Wediombo, wisatawan harus berbelok ke percabangan jalan arah timur, di sini tersedia papan penunjuk Pantai Sedahan. Jalan yang dilintasinya masih bebatuan dan tidak lebar, sehingga disarankan menggunakan sepeda motor untuk ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan

Untuk bisa masuk ke Pantai Sedahan, wisatawan harus membayar tarif retribusi sebesar Rp 8 ribu rupiah. Tiket masuk ini sudah sepaket dengan retribusi berbagai pantai yang masuk Kawasan Wisata Pantai Wediombo.

Tarif retribusi di atas belum termasuk tarif parkir. Untuk parkir, pengunjung perlu membayar biaya sebesar Rp 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua. Sementara, jika pengunjung melakukan kemah, maka dikenakan tarif parkir menginap, yaitu Rp 5 ribu rupiah.

Untuk dicatat oleh wisatawan, tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola dan dinas terkait.

Nah, itulah daya tarik, lengkap dengan lokasi, rute, dan harga tiket masuk Pantai Sedahan. Semoga membantu!

_________________

Artikel ini telah tayang di detikJogja

(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version