Senin, Oktober 28


Jakarta

Kreasi jajanan tradisional India yang dibuat oleh chef profesional ini tengah menyita perhatian publik. Pasalnya, jajanan itu ditambah dengan bahan yang unik, berupa semut api!

India memang terkenal dengan keanekaragaman kuliner, mulai dari makanan tradisional yang standar sampai kreasi unik.

Setelah kreasi kue beras idli yang dicampur dengan aneka topping, muncul lagi kreasi makanan tradisional India yang dicampur dengan bahan tidak terduga.


Kreasi tersebut berbahan pani puri, jajanan khas India berupa roti renyah yang kopong, terbuat dari tepung semolina atau gandum, kemudian dicampur dengan baking soda, air, dan garam, lalu digoreng.

Setelah matang, pani puri dihidangkan dengan berbagai macam bahan. Bagian tengahnya dibolongkan kemudian diisi tumbukan kentang atau kacang hijau kupas, dan pani.

Olahannya tidak hanya itu karena beberapa pani juga ada yang manis, terbuat dari campuran air kurma. Ada juga pani puri yang lebih asam karena ditambah jeruk nipis atau lemon.

Variasi pani puri yang disebutkan sebelumnya mungkin masih bisa masuk diakal dengan rasa yang masih familiar di lidah banyak orang. Namun, tidak dengan kreasi pani puri ini.

Chef ini menunjukkan kreasi panipurinya yang dibuat dari bahan-bahan unik. Foto: Instagram @varuntotlani

Melalui unggahan video di Instagram, Chef Varun Totlani menunjukkan kreasi pani puri yang ia buat atas dasar kolaborasi dengan restoran Le Du Bangkok, Thailand.

Chef itu menjelaskan, “Kami membawa pani puri terbaik di dunia. Purinya datang dari India, dan isiannya dari tomat Thailand dan kacang fermentasi, paninya juga dibuat dari susu kelapa dengan banyak rempahan aromatik.”

Selain bahan tersebut, ada salah satu bahan dalam pani puri yang berhasil membuat banyak orang terkejut. Chef itu mengungkap jika panipuri ini juga diberi topping semut api dari Chhattisgarh, India. Menurutnya, perpaduan bahan dari India dan Thailand itu menciptakan pani puri yang sempurna, lapor news18.com (24/10/2024).

Jika dilihat pada video, memang puri diisi dengan bahan-bahan unik, seperti tomat segar dan kacang-kacangan. Makanan ini juga dicampur dengan susu kelapa bukan air asam Jawa atau mint seperti resep tradisional.

Namun, topping semut api itu yang sangat tidak terduga. Semut api yang tampaknya sudah dikeringkan, ditabur begitu saja di bagian atas sisi lobang roti itu. Hidangan panipuri lalu disajikan di wadah mewah.

Semut api bukanlah serangga yang umum dikonsumsi. Mengutip Healthline, semut api memiliki organ yang memproduksi racun yang bisa memicu reaksi alergi. Namun tak diketahui jelas semut api seperti apa yang dipakai sang chef.

Chef ini dikreasikan dengan tambahan semut api. Foto: Instagram @varuntotlani

Meskipun ini adalah kreasi chef profesional yang disajikan di restoran peraih bintang Michelin, tetapi netizen tampak kurang suka dengan kreasi ini. Banyak yang memberi kritik terkait pani puri itu.

Para netizen tidak percaya jika ada tambahan semut api di hidangan tradisional ini. Beberapa netizen juga kurang suka karena kreasi ini dianggap merusak unsur tradisionalnya.

Seorang netizen berkomentar, “Pani puri adalah bagian dari orang India, jangan merusaknya. Terima kasih!”

Netizen lain berkomentar, “Apakah saya melihat pani puri dengan semut? Mengapa Anda merusak mood saya?”

Tidak sedikit juga netizen yang merasa bahwa kreasi chef tersebut merupakan penghinaan terhadap banyak makanan tradisional.

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version