Senin, Oktober 7


Jakarta

Makanan sehat harus dikonsumsi saat sedang berdiet. Seorang ahli diet menjabarkan bagaimana panduan isi piring makan, mulai dari karbohidrat hingga protein.

Pola diet sangat beragam metodenya. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang memenuhi asupan nutrisi harian.

Dilansir dari Food NDTV (5/10), Deepsikha Jain, seorang ahli nutrisi mengungkapkan isi piring diet yang tepat dikonsumsi dalam unggahan video di Instagram. Dalam videonya, ia menjelaskan bahwa isi piring diet harus bergizi seimbang.


“Isi piring yang seimbang membuat kamu lebih sehat! Sebagian besar masalah makan berlebihan akan berhenti kalau belajar cara makan dengan penuh kesadaran. Dengan memasukkan semua jenis gizi makro dan mikro dalam satu piring,” ujar Deepsikha Jain.

“Kebanyakan orang berjuang untuk menurunkan berat badan atau mengalami obesitas dan penyakit karena mereka tidak tahu cara menemukan keseimbangan makanan di piring mereka dengan penuh kesadaran,” tambahnya.

panduan isi piring diet Foto: Getty Images/iStockphoto

Jain menjelaskan isi piring itu bergizi seimbang. Ada asupan sayuran atau salad. Porsinya setengah piring salad atau sayuran mentah yang dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

Kemudian, ada asupan berupa protein. Asupan protein ini dapat disesuaikan dengan selera. Kamu bisa menggunakan protein hewani, seperti daging ayam, ikan, dan lainnya. Bisa juga dengan protein nabati, seperti tahu, tempe, dan aneka kacang-kacangan.

Jangan lupa memasukkan asupan probiotik. Disajikan pada mangkuk terpisah, bisa berupa yogurt yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan untuk membantu proses metabolisme.

Untuk asupan karbohidrat bisa menyesuaikan dengan selera. Bisa berupa roti atau nasi dengan porsi seperempat piring.

panduan isi piring diet Foto: Getty Images/iStockphoto

“Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan makro dan probiotik serta dapat mengendalikan jumlah kalori. Semua ini akan membantu mengelola berat badan dengan lebih baik,” jelasnya.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version