Senin, Mei 13


Jakarta

Inchcape akan menggunakan fasilitas di Wanaherang untuk merakit dua merek kendaraan, yakni Mercedes-Benz dan Great Wall Motor.

Operasi PT Mercedes-Benz Indonesia (produsen kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia) dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (importir kendaraan CBU dan distributor kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia) telah dialihkan ke Inchcape Indonesia.

Inchcape sudah mengumumkan bakal mengenalkan merek Great Wall Motor. Termasuk soal perakitan di Wanaherang, Bogor.


Great Wall Motor sudah mengumumkan bakal produksi lokal Haval 6, mobil jenis hybrid electric vehicles (HEV). Sedangkan Mercedes-Benz diketahui baru memproduksi internal combustion engine.

Akankah Mercedes-Benz memproduksi mobil new energy vehicles juga? mengingat jenama asal Jerman itu cukup aktif memperkenalkan mobil listrik di Indonesia, di antarnya EQA, EQB, EQE, dan EQS.

“Memang kita ada rencana ke situ (produksi mobil listrik) tapi timing-nya kapan, tahun ini atau tahun depan. Belum. Mungkin agak lama dari itu, karena perlu persiapan panjang, dan juga secara market segmen yang kita masuk situ kita pelajari dulu yang di mobil listriknya,” ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia di Jakarta Selatan, Senin (26/3/2024).

Pasar mobil listrik, khususnya merek Mercedes-Benz belum bisa terserap dari total penjualan secara nasional. Namun angkanya terus bertumbuh.

“BEV kita lima persen dari total penjualan. Tahun lalu kita menjual 3.203 unit,” ujar dia.

“Kita tentu ingin meningkatkan porsi kendaraan listrik kita, dari target penjualan. Kalau tahun lalu 5 persen, at least kita bisa ngejar 10 sampai 15 persen kita is happy. Karena kita melihat segmen dari pengalaman tahun tumbuh yang paling kencang memang di segmen BEV, baik secara total BEV market maupun premiumnya,” tambahnya lagi.

Mercedes-Benz sudah memproduksi lokal beberapa model di antaranya sedan A-Class, C-Class, E-Class, dan S-Class, SUV GLA, GLC, GLE, dan GLS, serta model Mercedes-AMG A 35 Sedan dan Mercedes-AMG GLA 35. Produksi itu dilakukan di pabrik seluas 42 hektar di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

“Ke depannya memang pabrik di Wanaherang selain Mercedes juga akan dipakai untuk merakit kendaraan brand lain yang dibawa Inchcape,” kata Keri.

Simak Video “Momen Tim Damkar Evakuasi Mercy G-Class dari Saluran Air di Jaksel
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Membagikan
Exit mobile version