Jumat, Oktober 11


Jakarta

PT Chery Sales Indonesia (CSI) punya komitmen mendirikan pabrik di Indonesia. Chery akan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi di kawasan ASEAN.

Assistant President Director of Chery Sales Indonesia, Zeng Shuo menjelaskan saat ini Chery masih bermitra dengan PT Handal Indonesia Motor (HIM) untuk perakitan. Di sana Chery sudah berinvestasi untuk menyajikan line up yang diproduksi secara lokal.

“Kemungkinan besar 2026 (beroperasi), itu (nilai investasi) tergantung tim factory. Mereka sedang feasibility study,” kata Zeng Shuo di Jakarta Selatan, belum lama ini.


Salah satu syarat pendirian pabrik adalah volume penjualan yang harus mencapai skala ekonomi. Sementara itu perlu investasi besar untuk mendirikan fasilitas perakitan.

Meski nantinya pabrik mandiri sudah berdiri, Chery tetap menggunakan PT HIM. Dia mempertegas kerja sama dengan PT HIM juga terus berlanjut meski nantinya fasilitas pabrik sudah berdiri.

“Sepertinya akan lanjut dengan Handal, soalnya kita ada beberapa product line up sudah investasi di sini,” jelas dia.

Empat model yang sudah diproduksi lokal di antaranya Omoda 5, Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 series, dan Omoda E5. Produksi tahap awal ini menggunakan pabrik rekanan yaitu PT Handal di Bekasi, Jawa Barat.

“Soalnya fasilitasnya kita sudah jadi di Indonesia. Vietnam dan Filipina, kita masih belum mulai. Jadi ekspor itu di negara ASEAN, kita TKDN sudah 40 persen, jadi bisa capai free trade regulation,”

Chery mulai ekspor ke Vietnam bulan depan

Lebih lanjut, Zeng Shuo juga mengungkapkan bulan depan akan mengirim unit rakitan Indonesia ke Vietnam. Produk yang dikirim adalah seri Omoda.

“Mungkin awal November, kita ada ratusan unit pertama ekspor. Satu seremoni, untuk merayakan ekspor pertama Chery Indonesia,” ujar dia.

(riar/din)

Membagikan
Exit mobile version